BREAKING NEWS
 

Menteri Basuki Tinjau Penanganan Banjir Aceh Utara

Reporter & Editor :
MUHAMMAD RUSMADI
Selasa, 18 Oktober 2022 17:05 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau penanganan banjir di sebagian wilayah Aceh Utara dan sebagian Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Selasa (18/10/2022). [Foto: BIRKOMPU PUPR]

 Sebelumnya 
Selain penanganan tanggul, dia juga akan mempercepat konstruksi Bendungan Keureuto berkapasitas tampung 215 juta/m3 dengan fungsi utama untuk mengurangi risiko banjir wilayah Aceh Utara. Bendungan Keureuto membendung Sungai Krueng Keureuto yang memiliki 6 anak sungai sebagai penyebab utama banjir pada daerah hilir.

Adsense

Pada konstruksi bendungan juga disediakan tampungan khusus banjir sebesar 30,50 juta m3 yang mampu mengurangi debit banjir sampai dengan periode ulang 50 tahun sehingga mereduksi area banjir seluas 1.225,53 m3/detik. Direncanakan Agustus 2023, Bendungan Keureuto tuntas konstruksinya.

Baca juga : Moeldoko Tinjau Lahan Bandara Buton Utara, Pede Tingkatkan Ekonomi Warga

"Bendungan dibuat untuk mengurangi banjir. Saya ambil contoh di Kalimantan Selatan semua banjir tahun 2020 lalu, hanya satu kabupaten yang tidak banjir yakni Kabupaten Tapin karena ada Bendungan Tapin," kata Menteri Basuki.

[Foto: BIRKOMPU PUPR]

Dalam peninjauan, Basuki juga mengingatkan kepada Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Aceh untuk memonitor ketersediaan prasarana dan sarana air bersih dan sanitasi untuk keperluan sehari-hari bagi masyarakat terdampak banjir dan pengungsi.

Baca juga : Menteri Tito: Pj Gubernur DKI Bisa Diganti Setahun

"Tolong dicek terus suplai air bersihnya dan sanitasi juga, ini penting untuk keperluan sehari-hari masyarakat," kata penerima Penghargaan Satyalancana Karya Satya X (2001), XX (2003), XXX (2014) ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense