BREAKING NEWS
 

Aktif Cegah Radikalisme Dan Terorisme

BNPT Beri Penghargaan Buat Wali Kota Tasikmalaya

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Senin, 7 November 2022 17:49 WIB
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberi penghargaan kepada Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf atas peran serta dan upaya maksimal dalam mencegah dan menanggulangi ideologi terorisme di Kota Tasikmalaya, Senin (7/11).

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengapresiasi Pemerintah Daerah yang responsif dengan isu intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Menurutnya, Pemerintah Daerah berperan penting dalam pencegahan terorisme, terlebih setelah Perpres RAN PE diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2021.

Baca juga : Lawan Terorisme, Kepala BNPT Gencarkan Dialog Lewat Warung NKRI

"BNPT senang dengan pemerintah daerah yang responsif, pekerjaan kita mengedukasi masyarakat, memberikan pencerahan kepada publik terlebih setelah Perpres 7 Tahun 2021 dimana banyak peran pemerintah daerah yang kita harapkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan (pencegahan terorisme)," pujinya. 

Adsense

Dia berharap, penghargaan ini dapat menjadi motivasi kepada daerah lain untuk aktif dalam mencegah intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf menjelaskan, pemerintah setempat memberikan bantuan dan pembinaan kepada mereka yang pernah terlibat dalam terorisme.

Baca juga : NII Crisis Center: Radikalisme dan Terorisme Fakta, Bukan Stigmatisasi

Selain itu, Pemerintah Daerah bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Barat juga secara aktif melakukan pencegahan radikalisme dan terorisme melalui Perda Pesantren.

Yusuf optimis, upaya pencegahan intoleransi, radikalisme dan terorisme di Tasikmalaya dapat menciptakan kehidupan umat bergaama yang rukun dan toleran.

"Ini menjadi motivasi dan inovasi agar kami bisa memberdayakan mereka (orang atau kelompok orang yang pernah terlibat dalam terorisme) lebih efektif lagi, berkontribusi aktif dalam segala upaya penanggulangan pencegahan intoleransi, radikalisme, terorisme," tegas Yusuf.

Baca juga : Jelang Akhir Tahun, PNM Raih 2 Penghargaan Internasional

Menurutnya uluran tangan yang dilakukan pemerintah daerah tersebut memberikan dampak panjang yang positif, di mana mantan narapidana terorisme yang tergabung dalam Yayasan Ansharul Islam Tasikmalaya turut serta dalam melakukan pembinaan kepada generasi muda agar tidak terpengaruh radikalisme dan terorisme. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense