BREAKING NEWS
 

Imbauan Satgas Covid-19

Peran Masyarakat Sangat Penting Agar Kasus Tak Naik

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Jumat, 23 Desember 2022 07:45 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menyatakan Covid-19 sudah terkendali. Bahkan Indonesia diklaim su­dah siap mencabut kebijakan pencegahan Covid-19. Namun demikian, warga diperingatkan tetap waspada.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, kasus Covid-19 menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) berpotensi meningkat. Karena itu, masyarakat diminta waspada.

Menurutnya, potensi mening­katnya kasus lebih tinggi di akhir tahun karena aktivitas masyarakat yang bisa dipastikan meningkat.

Baca juga : Tarik Minat Masyarakat, Relawan Ganjar Milenial Center Gelar Pentas Seni Silat Kera Sakti 

“Diperlukan kerja sama dari seluruh pihak seperti Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pe­nyedia tempat hiburan, dan seluruh masyarakat untuk men­ciptakan lingkungan yang aman Covid-19,” kata Wiku pada konferensi pers perkembangan Covid-19 di Indonesia, kemarin.

Periode Nataru akan terjadi pada 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Untuk menekan potensi lonjakan penyebaran Covid-19, Pemerintah memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 di seluruh wilayah Indonesia selama peri­ode 6 Desember 2022 sampai 9 Januari 2023.

Dikatakan Wiku, prinsip kewaspadaan dan kehati-hatian ha­rus diterapkan. Dia juga mengin­gatkan kepada masyarakat tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer.

Baca juga : Masyarakat Kudu Tetap Semangat Menjaga NKRI

Wiku membeberkan kesiapan Satgas Covid-19 saat momen Nataru. Pihaknya juga memasti­kan momentum itu berjalan baik.

Kendati demikian, peran ma­syarakat tetap dibutuhkan untuk dapat bertanggung jawab agar nantinya kasus tidak meningkat.

Wiku juga meminta pengelola tempat wisata agar menjalankan protokol kesehatan. Pengunjung harus difasilitasi, salah satunya mengaktifkan layanan melalui PeduliLindungi untuk screen­ing pengunjung yang masuk ke dalam fasilitas mereka.

Adsense

Baca juga : Rayakan Nataru Dengan Taat Protokol Kesehatan

Pengelola tempat wisata wajib memfasilitasi, mengawasi dan memastikan bahwa pengunjung sudah vaksin dengan baik. Protokol kesehatan harus diterapkan di fasilitas publik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense