BREAKING NEWS
 

Wujudkan Generasi Indonesia Berkarakter, Kemendikbudristek Bangun Kolaborasi

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Sabtu, 27 Mei 2023 17:38 WIB
Foto: Kemendikbudristek.

 Sebelumnya 
Berikutnya, dalam upaya meningkatkan iklim kebhinekaan di lingkungan pendidikan, Kemendikbudristek telah melaksanakan program penguatan perspektif kebhinekaan dengan melatih 28.254 guru dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Kemudian, 1.576 guru dari Program Sekolah Penggerak, dan 5.211 guru dari Guru Penggerak melalui Modul Wawasan Kebinekaan Global.

Diungkapkan Rusprita, berbagai capaian tersebut merupakan hasil dari kolaborasi dan implementasi praktik baik yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan satuan pendidikan.

"Semoga kita semua dapat meneruskan upaya bersama dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan menyenangkan demi mewujudkan generasi Indonesia yang unggul dan berkarakter," tandasnya.

Kegiatan DKT Penguatan Karakter Bersama Ekosistem Pendidikan Tahap II ini dilakukan sejak tanggal 25 sampai dengan 27 Mei 2023.

Baca juga : Gus Halim: Tugas Pendamping Desa Berat, Perlu Kenaikan SBM

Kegiatan DKT diikuti secara luring oleh 118 peserta dari 44 daerah. Terdiri atas perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta Unit Pelaksana Teknis Kemendikbudristek dan Organisasi Mitra Kemendikbudristek.

Sementara itu, sebanyak 66 peserta dari 33 daerah mengikuti secara daring yang terdiri atas perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota di Provinsi Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Samsul Hadi, mengungkapkan, daerahnya telah memiliki Peraturan Walikota Blitar Nomor 35 Tahun 2022 tentang Penguatan Pendidikan Karakter melalui program sekolah yang religius, nasionalis, dan berbudaya.

Regulasi tersebut sebagai wujud komitmen dalam mengimplementasikan penguatan karakter di lingkungan pendidikan. Blitar juga memiliki program Serenada, akronim Sekolah Religius, Nasionalis, dan Berbudaya.

"Yaitu, program gerakan pembentukan penguatan karakter bagi peserta didik yang terinternalisasi dalam pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler melalui pembiasaan tiga pilar penguatan yaitu pilar satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat,” papar Samsul.

Baca juga : Jangan Sampai Indonesia Kekurangan Stok Bawang Putih, Kemendag Diminta Transparan Soal SPI

Senada dengan itu, Agen Penguatan Karakter Puspeka dari SMK Negeri 3 Singaraja, Luh Eka Yanthi memaparkan salah satu program penguatan karakter yang dilaksanakan di sekolahnya.

Yaitu, Spirit Morning, yang menjadi wahana bagi sekolah untuk melatih kesiapan fisik dan kesiapan mental peserta didik agar siap terjun di masyarakat dan dunia kerja.

Program Spirit Morning ini sudah menunjukkan hasil. Di antaranya, knowing the good. Yakni peserta didik tidak hanya tahu tentang hal-hal yang baik tetapi siswa memahami mengapa melakukan itu.

Kemudian, feeling good, yaitu membangkitkan rasa cinta peserta didik untuk melakukan hal baik.

"Lalu, action good yakni peserta didik dilatih untuk berbuat mulia, berbuat sesuatu yang baik secara konsisten,” terangnya.

Baca juga : Mahasiswa Indonesia Kenalkan Keragaman Budaya Di Kazan University

Kepala SMA Negeri 1 Wonosari Muhammad Taufik Salyono menyatakan, salah satu sarana paling efektif dalam menyampaikan pesan-pesan penguatan karakter dan anti kekerasan kepada peserta didik yaitu melalui kesenian.

Seperti, kesenian wayang yang ditampilkan oleh siswa agen perubahan pada saat kegiatan Roots Day.

"Yogyakarta itu kental dengan keseniannya, terutama wayang. Jadi, selain kita melestarikan budaya, kita juga bisa sekaligus menyebarluaskan pesan-pesan penguatan karakter dan juga anti kekerasan, khususnya anti-perundungan kepada para peserta didik sebagai tindak lanjut dari kegiatan bimtek Roots yang kita ikuti dari Kemendikbudristek," tandas Taufik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense