Dark/Light Mode

Tingkatkan Perdagangan Indonesia-Mesir, Mendag Zulkifli Hasan Teken MoU JTC

Minggu, 14 Mei 2023 21:35 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat memimpin penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU Joint Trade Committee (JTC) untuk meningkatkan kerja sama perdagangan antara Indonesia-Mesir, di Kairo, Mesir, Minggu (14/5). (Foto: Ist)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat memimpin penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU Joint Trade Committee (JTC) untuk meningkatkan kerja sama perdagangan antara Indonesia-Mesir, di Kairo, Mesir, Minggu (14/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menghadiri acara Forum Bisnis Indonesia-Mesir yang berlangsung di Kairo, Mesir, Minggu (14/5).

Dalam forum bisnis tersebut, Mendag Zulkifli Hasan memimpin penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU Joint Trade Committee (JTC) untuk meningkatkan kerja sama perdagangan antara Indonesia-Mesir.

Dalam kesempatan itu, Mendag Zulkifli Hasan menekankan, peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Mesir perlu didukung infrastruktur dan fasilitas lain.

Salah satu upaya dalam memperkuat hubungan dagang melalui penandatanganan Nota Kesepahaman JTC tersebut.

"Diharapkan dapat menjadi sarana untuk membahas peningkatan hubungan perdagangan ke arah perjanjian perdagangan yang lebih komprehensif seperti Perjanjian Perdagangan Preferensial (Preferential Trade Agreement/PTA) yang hasilnya dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dari kedua negara," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Dia melanjutkan, pada kesempatan tersebut turut dilakukan penandatanganan perjanjian imbal dagang antara Indonesia dan Mesir untuk produk kurma dan kopi.

Baca juga : Top! 50 UMKM Binaan Pertamina, Bersiap Menuju Sertifikasi Halal

Serta, penandatanganan Nota Kesepahaman antar KADIN, business council dan pelaku usaha kedua negara.

Dia menyatakan, perjanjian kerja sama melalui skema perjanjian imbal dagang merupakan salah satu strategi yang cukup efektif di tengah situasi ekonomi global yang kurang baik saat ini.

"Melalui mekanisme imbal dagang, kedua negara tetap dapat melakukan transaksi dagang yang saling menguntungkan, sekaligus mempertahankan cadangan devisa masing-masing negara yang mungkin terimbas resesi ekonomi global,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN ini menerangkan, total perdagangan Indonesia-Mesir selama tahun 2022 mencapai 1,57 miliar dolar AS. Kemudian, pada periode Januari-Maret 2023 telah mencapai 432,8 juta dolar AS.

"Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, trend perdagangan kedua negara menunjukkan tren positif 11,21 persen. Dengan tren perdagangan itu diharapkan dalam 5 tahun mendatang total perdagangan Indonesia-Mesir bisa mencapai 3 miliar dolar AS,” tutur dia.

Penandatanganan kerja sama imbal dagang ini terdiri atas satu kontrak imbal dagang yang dilakukan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT PPI) selaku Badan Pelaksana (BP) imbal dagang Indonesia dengan Al Postan for General Import & Export sebagai BP imbal dagang Mesir.

Baca juga : Terbang Ke Mesir, Mendag Zulhas Intensif Garap Pasar Non Tradisional

“Penandatanganan kontrak imbal dagang pada hari ini diharapkan dapat menjadi tambahan motor penggerak peningkatan ekspor Indonesia ke Mesir yang secara paralel dapat meningkatkan perdagangan kedua negara,” tutur Mendag Zulkifli Hasan.

Kontrak imbal dagang antara PT PPI dan Al Postan for General Import & Export menghasilkan transaksi senilai 105 ribu dolar AS. Produk yang dipertukarkan yaitu kopi dari Indonesia dengan anggur dan/atau delima dari Mesir.

Selain itu, pada tanggal 15 Mei 2023 PT PPI juga akan melakukan penandatanganan satu Nota Kesepahaman (MoU) dengan Al Sahl yang berperan sebagai BP di Mesir.

Selanjutnya, kedua pihak akan mendiskusikan lebih lanjut produk yang akan dipertukarkan dan nilai transaksinya.

Mendag Zulkifli Hasan mengakui, Mesir memiliki prospek besar bagi pelaku usaha Indonesia karena merupakan hub perdagangan menuju negara-negara di sekitarnya.

“Keberadaan jalur perdagangan Terusan Suez juga berperan menjadikan Mesir sebagai gerbang menuju negara-negara lain di kawasan Teluk, Afrika, dan Timur Tengah,” tandasnya.

Baca juga : Jokowi: Perdagangan Manusia Harus Diberantas Tuntas!!

Turut hadir mendampingi Mendag Zulkifli Hasan di Forum Bisnis Indonesia-Mesir, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Didi Sumedi. Juga, Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional (Dirjen PPI) Kemendag Djatmiko Bris Witjaksono dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Budi Santoso.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf.

Diketahui, Mendag Zulkifli Hasan dijadwalkan melakukan kunjungan kerja selama tiga hari dari 14-16 Mei 2023.

Salah satu agenda yang akan dilakukan Mendag Zulkifli Hasan ialah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Industri Mesir guna membahas kelanjutan kerja sama kedua negara. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.