BREAKING NEWS
 

Jokowi Minta Jajarannya Siapkan Skenario Komprehensif Antisipasi Mudik

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 2 April 2020 11:50 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan pengantar dalam Rapat Terbatas membahas Lanjutan Pembahasan Antisipasi Mudik, Kamis (2/4), melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat. (Foto: Humas Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk menyiapkan berbagai skenario yang komprehensif, terkait antisipasi mudik.

“Jangan sepotong-sepotong, atau satu aspek saja, atau hanya bersifat sektoral atau kepentingan daerah saja. Harus dilihat secara utuh. Baik dari hulu, di tengah, dan di hilir,” ujar Jokowi, saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas membahas Lanjutan Pembahasan Antisipasi Mudik, Kamis (2/4), melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Kamis (2/4).

Jokowi menegaskan, pemerintah telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat, dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebagai rujukan bersama.

Baca juga : Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Penutupan Jalur Transportasi di DKI

“Perlu saya tegaskan lagi. Mulai dari presiden, menteri, gubernur, bupati, wali kota, sampai ke kepala desa atau lurah harus satu visi yang sama. Satu strategi yang sama. Satu cara yang sama, dalam menyelesaikan persoalan yang kita hadapi sekarang ini,” tandas Jokowi.

Adsense

"Rujukannya udah jelas. Prosedurnya juga sudah jelas. Nanti, Menteri Kesehatan segera mengatur lebih rinci dalam peraturan menteri, apa kriteria daerah yang bisa diterapkan PSBB. Serta langkah apa yang bisa dilakukan oleh daerah. Saya minta, dalam waktu maksimal 2 hari, peraturan menteri itu sudah selesai,” lanjutnya.

Jokowi mengatakan, dalam rangka menenangkan masyarakat, pemerintah mungkin akan mengambil opsi mengganti Hari Libur Nasional di lain hari untuk Hari Raya.

Baca juga : Kemenhub Siapkan Berbagai Skenario Pengaturan Mudik

Nantinya, akan ada fasilitas arus mudik bagi masyarakat pada hari pengganti tersebut.

Selain itu, pemerintah juga akan menggratiskan tempat-tempat wisata yang dimiliki oleh daerah.

“Saya kira, kalau skenario-skenario tersebut dilakukan, kita bisa memberikan sedikit ketenangan kepada masyarakat,” pungkas Jokowi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense