BREAKING NEWS
 

Pemerintah Finalisasi Roadmap Vaksinasi

Reporter & Editor :
ADITYA NUGROHO
Rabu, 4 November 2020 15:38 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan roadmap atau peta jalan vaksinasi dalam tahap finalisasi.

Hal tersebut dikatakan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (4/10).

Baca juga : Conte Pernah Cuekin Real Madrid

Menurut Prof Wiku, roadmap mencakup kandidat vaksin, dan penyusunan tahapan prioritas penerima vaksin. Pemerintah telah mempertimbangkan berbagai hal dalam menyusun roadmap. Seperti  ketersediaan vaksin, jumlah penduduk, wilayah berisiko, tahapan pemakaian dan indeks pemakaian.

Adsense

“Selain itu, roadmap mencakup perkiraan skema platform vaksin dan sasaran klaster kelompok, estimasi kebutuhan dan rencana pemberian vaksin," ujarnya.

Baca juga : Kinerja Peringkat 1, Realisasi Anggaran 86,74 Persen

Demi mencapai efektifitas vaksin yang maksimal, roadmap juga memperhatikan cold chain atau rantai dingin vaksin, dan kapasitas SDM yang melibatkan beberapa jenis tenaga kesehatan termasuk vaksinator. Telah disiapkan juga jejaring layanan untuk menjamin aliran distribusi dengan melibatkan lintas sektor. 

Disamping itu, Prof Wiku mengatakan, pemerintah telah mengkaji hal-hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan dalam persiapan vaksinasi nasional. Hal itu bertujuan memastikan keamanan dan ketersediaan serta mekanisme penyuntikan vaksin dengan melibatkan pendapat dari berbagai elemen baik lintas kementerian dan lembaga. 

Baca juga : Pemerintah Tak Bisa Sendirian Berantas Pandemi Covid-19

"Kehadiran vaksin adalah angin segar untuk kita semua, tetapi hingga vaksin siap. Bahkan meskipun vaksin sudah ada dan siap, kita pastikan masyarakat dan pemerintah mematuhi protokol 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebagai upaya pencegahan primer," tegas Prof Wiku. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense