BREAKING NEWS
 

Gencar Terapkan 3T

Indonesia Bisa Tiru China Dan Singapura

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Rabu, 6 Januari 2021 07:58 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia bisa belajar cara penanganan virus Corona dari Singapura, China dan Thailand. Ketiga negara itu terbukti mampu mengendalikan kasus Covid-19 di wilayahnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, faktor utama dari ketiga negara itu berhasil menekan kasus positif karena masyarakatnya kompak. mereka gotong-rotong dan bersatu melawan virus.

Baca juga : PLN Gandeng Anak Perusahaan Pertamina Kembangkan Energi Panas Bumi

“Sistem dengan volunteer kesehatan itu sudah merambah sampai ke desadesa. itulah yang mereka gerakkan,” kata Wiku saat diskusi virtual dengan tema Perkembangan Penangan Covid-19: Belajar dari Negara Lain di Jakarta, kemarin.

Menurut Wiku, Indonesia harus mencontoh Singapura dan China terkait 3T (Tracing, Tracking dan Treatment). menurutnya, kedua negara itu gencar menerapkan 3T hingga pelosok negeri. “Harusnya seluruh masya rakat dan pemerintah daerah ambil kendali. Tanggung jawab itu dilakukan bersama,” tuturnya.

Baca juga : Rekonsiliasi Jadi Jurus Jitu Cegah Keresahan Sosial

Menurutnya, dengan melakukan pelacakan, tes usap, isolasi lebih awal, mereka bisa memutus mata rantai penularan Corona. Sehingga kasus aktif Covid-19 menjadi sedikit. Namun, yang terjadi di indonesia masih banyak virus bersirkulasi karena diberi kesempatan oleh orang Indonesia yang masih berkerumun. “Kalau mereka melakukan 3M harusnya tidak menulari lagi. Yang diperlukan, kita mencegah virus itu menulari lagi,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense