Dark/Light Mode

Kecam Parodi Hina Lagu Indonesia Raya, Malaysia Lakukan Investigasi

Minggu, 27 Desember 2020 23:29 WIB
Kecam Parodi Hina Lagu Indonesia Raya, Malaysia Lakukan Investigasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta mengecam beredarnya video penghinaan terhadap Indonesia, yang diunggah oknum yang mengaku berasal dari Malaysia.

Melalui Laman Facebook Kedubes Malaysia di Jakarta, Minggu (27/12/2020), Otoritas Malaysia sedang melakukan investigasi atas persoalan yang bisa mengganggu hubungan baik kedua negara.

Berita Terkait : Pemerintah Afghanistan Minta Indonesia Jadi Mediator Perdamaian

"Jika benar konten tersebut diunggah warga Malaysia, maka langkah tegas akan diambil Pemerintah Malaysia sesuai dengan ketentuan hukum," pernyataan sikap Kedubes Malaysia di Jakarta, dikutip Minggu (27/12/2020).

Dalam pernyataannya, Pemerintah Malaysia juga mengutuk keras segala bentuk provokasi untuk mempengaruhi hubungan bilateral yang selama ini terjalin sangat dekat.

Baca Juga : PLN Pastikan Stasiun Cas Kendaraan Listrik Rute Jakarta-Bali Siap Digunakan

Diberitakan sebelumnya, lagu Indonesia Raya dibuat parodi oleh akun MY Asean dan diunggah di YouTube. Video itu berdurasi 1,31 menit, diunggah sekitar 2 pekan. Lirik lagu kebangsaan Indonesia itu disunting dengan nada-nada ejekan dan kata kotor.

Dalam tangkapan layar yang beredar, video itu diunggah dengan judul "Indonesia Raya Instrumental (Parody + Lyrics Video)". Video dibubuhi gambar Garuda Pancasila yang diubah dengan gambar ayam.

Baca Juga : UMB Sukses Gelar World Festival Pencak Silat Seni Open Virtual 2020

Begitu pun background Merah Putih ditimpal dengan dua anak yang tampak sedang membuang air seni. Sementara di tengahnya terdapat ayam di lambang Pancasila.

Lirik lagu berisi penghinaan mulai dari Indonesia bangsa sial dan mundur. Dalam lagu tersebut, Presiden Jokowi dan Soekarno juga dipelesetkan.[MEL]