BREAKING NEWS
 

Berkat Trayek Baru Tol Laut, Indonesia Timur Makin Terbebas Dari Jerat Disparitas Harga

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Rabu, 17 Februari 2021 11:02 WIB

 Sebelumnya 
Untuk membantu Indonesia Bagian Timur terbebas dari disparitas harga, diperlukan pelayaran yang berkesinambungan, tetap dan teratur melalui penyelenggaraan angkutan barang di laut ke seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini terjawab dengan dilakukannya penambahan rute baru Tol Laut dengan kode T-19 di Papua, yang dilayani oleh penugasan kapal milik PT Pelni yaitu Kapal Logistik Nusantara 2," imbuhnya.

Penetapan rute tersebut dilatarbelakangi Inpres No. 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua Dan Papua Barat.

Baca juga : Ganjar: Tak Ada Lagi Zona Merah Di Jateng

Dia juga berharap, kehadiran trayek baru ini dapat menjadi sarana untuk memasarkan produksi lokal berupa hasil pertanian atau perkebunan serta hasil perikanan, untuk diangkut melalui kapal tersebut, ke tujuan pasar yang lebih menguntungkan.

Rute tol laut tersebut membuka pelabuhan-pelabuhan baru, diantaranya Pelabuhan Kokas di Kabupaten Fakfak, Pelabuhan Korido di Kabupaten Supriori dan Pelabuhan Depapre di Kabupaten Jayapura dalam rangka Ships Promote the Trade.

“Rute tol laut di wilayah Papua, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan layanan pelabuhan sehingga dapat memperlancar arus barang, menurunkan biaya logistik dan meningkatkan pemerataan di daerah 3TP,” jelas Antoni.

Baca juga : WNA Boleh Masuk Indonesia, Ini Syarat-syaratnya

Kabupaten Merauke melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Merauke mengawali tahun 2021, dengan mencatat prestasi dan sejarah dengan dibukanya Tol Laut trayek T-19 yang melakukan pengiriman Bahan Pokok Penting (Bapokting) dari Utara Papua ke Selatan Papua.

Pada 14 Januari 2021, pelayaran perdana telah dilepas oleh Wakil Bupati Merauke sebagai pelabuhan pangkal dengan membawa muatan 21 kontainer muatan bahan pokok penting, sebagai Komoditi unggulan hasil produksi petani yaitu beras sebanyak 20 kontainer dan 1 kontainer berisi kecap.

Pengiriman 21 kontainer dari Kabupaten Merauke ini, dikirim dan didistribusikan ke seluruh wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat. Dalam perjalanan perdananya tersebut, kapal telah singgah di Pelabuhan Kokas yang merupakan Pelabuhan di wilayah Kabupaten Fakfak yang disambut oleh Wakil Gubernur Papua Barat.

Baca juga : Sembuh Dari Corona, Terdakwa Minta Dipindah Dari Rutan KPK

Selanjutnya, tiba di Pelabuhan Sorong dan di Pelabuhan Korido yang juga merupakan Pelabuhan Baru yang masih dalam tahap uji coba di Kabupaten Supriori. Kapal Logistik Nusantara 2 berangkat dari Pelabuhan Korido, dan tiba di Pelabuhan Depapre, Kabupaten Jayapura pada 26 Januari 2021. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense