Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Gelar Doa Lintas Agama, Mohon Indonesia Terlepas Dari Bencana

Sabtu, 23 Januari 2021 13:39 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggelar doa lintas agama di Grhadhika Bhakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jumat (22/1) malam.  (Foto: Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggelar doa lintas agama di Grhadhika Bhakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jumat (22/1) malam. (Foto: Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggelar doa lintas agama di Grhadhika Bhakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jateng, Jumat (22/1) malam. Meski bahasa dan cara berdoa berbeda, namun tujuannya hanya satu, berharap Indonesia terbebas dari bencana.

Satu per satu tokoh agama dan aliran kepercayaan, dengan khidmat dan khusyuk memimpin doa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Puluhan orang yang hadir nampak khusyuk mengamini doa-doa itu.

Acara doa bersama lintas agama itu sengaja digelar Gubernur Ganjar untuk meminta pertolongan dari Sang Pencipta. Sebab saat ini, Indonesia tengah dilanda bencana. Selain pandemi Covid-19, sejumlah bencana alam juga terus terjadi dari mulai tanah longsor, gempa bumi, banjir, erupsi Gunung Merapi, dan bencana lainnya.

Baca juga : Bahlil: Kebijakan Ini Ngeri-Ngeri Sedap

"Indonesia lagi banyak musibah, pandemi belum selesai, tanah longsor, banjir, pesawat jatuh. Tentu ini peringatan pada manusia. Kita sudah melakukan ikhtiar lahir, pandemi kita berikhtiar mengelola dengan baik, PPKM dilakukan. Ada bencana, semua turun bahu membahu. Lalu apa kemudian ikhtiar yang bisa dilakukan? Ya berdoa, karena kita negara yang berketuhanan," kata Ganjar usai acara doa bersama.

Alasan mengajak seluruh tokoh lintas agama untuk berdoa, kata Ganjar, karena semuanya ingin agar bencana ini segera berakhir. Selain itu, doa bersama tersebut juga sebagai penyemangat persatuan dari seluruh kekuatan yang ada.

"Kita sebagai umat yang lemah, maka harus berdoa kepada Sang Pencipta. Setelah upaya lahir sudah dilakukan, yuk sekarang batinnya harus didorong. Mudah-mudahan kita diberi kekuatan agar bencana ini segera berakhir," harapnya.

Baca juga : Siapkan Timnas Wanita Indonesia, PSSI Bakal Buka Seleksi Pelatih

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah KH Darodji menambahkan, gelaran doa bersama lintas agama ini sebagai wujud persatuan bangsa. Pandemi dan berbagai bencana yang terjadi tidak hanya menyerang satu golongan, melainkan seluruh umat manusia.

"Kita sama-sama merasakan musibah ini, dan kita sama-sama ingin ini segera berakhir. Maka kami mengajak seluruh tokoh lintas agama berdoa agar bencana segera dituntaskan. Setelah upaya lahiriyah penanganan bencana dilakukan, maka sekarang usaha batiniah yang harus terus didorong," ungkapnya.

Tokoh lintas agama dari Budha, Romo Anggadamma Warto menambahkan, kekuatan doa dari tokoh lintas agama dan lintas iman ini diharapkan mampu membebaskan Indonesia dari segala macam bencana. Ia berharap, musibah yang terus melanda termasuk pandemi Covid-19, segera diangkat dari bumi pertiwi.

Baca juga : Siang Ini, Dua Wakil Indonesia Siap Tempur Di Partai Puncak Thailand Open

"Dan semoga masyarakat Jateng dan Indonesia menjadi masyarakat yang rukun, adem, ayem, tentrem. Serta saling berangkulan, berempati, dan selalu bergotong royong dalam rangka kebersamaan, untuk saling membantu satu sama lainnya," doanya.

Acara doa bersama lintas agama itu berlangsung sederhana dengan penerapan protokol yang sangat ketat. Tak lebih dari 50 orang yang mengikuti acara itu. Sementara sisanya mengikuti via daring dan juga berdoa di rumah dengan mengikuti tayangan yang disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi, dan sejumlah radio.

Sebelum acara doa lintas agama itu, sejumlah Kiai di Jateng juga menggelar khataman Alquran 30 juz dan istighosah bersama. Acara juga diisi dengan pemberian santunan kepada anak-anak penghuni panti asuhan di Jateng. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.