BREAKING NEWS
 

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup RI Di 2020 Naik 3,72 Poin

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Kamis, 25 Februari 2021 10:05 WIB
Laporan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) 2020 di tengah pandemi, Rabu (24/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebut, Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH)  meningkat sebesar 3,72 poin dari angka 66,55 pada tahun 2019 menjadi 70,27 pada tahun 2020. Indek ini telah melampaui target yang ditetapkan sebesar 68,71.

Hal tersebut, disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian LHK, M.R. Karliansyah saat media briefing secara telekonferensi (24/2).

Adsense

Baca juga : Pemerintah Komitmen Jaga Ketahanan Lingkungan Hidup Hadapi Perubahan Iklim

“Meningkatnya IKLH  2020 dikarenakan adanya perbaikan pada Indeks Kualitas Udara (IKU), dan Indeks Kualitas Air (IKA),” ujar Karliansyah . 
 
Karliansyah menyebutkan, peningkatan IKLH tahun 2020 dipengaruhi beberapa hal. Pertama, Indeks Kualitas Ekosistem Gambut (IKEG) dan Indeks Kualitas Air Laut (IKAL). 

Kedua, indeks baru tersebut melengkapi dan menguatkan pengukuran IKLH yang terdiri dari Indeks Kualitas Air (IKA), Indeks Kualitas Udara (IKU), Indeks Kualitas Lahan (IKL), dan Indeks Kualitas Air Laut (IKAL).
 
“Alhamdulillah, IKLH hampir di seluruh wilayah Indonesia didominasi oleh kondisi yang sangat baik, baik dan sedang”, ungkap Karliansyah saat menunjukkan gambar peta IKLH Indonesia. 
 
Kemudian terkait IKEG tahun 2020, menunjukkan sebanyak 9 provinsi memenuhi target yaitu Jambi, Kep. Bangka Belitung, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua, dan Papua Barat. 

Baca juga : Sektor Lingkungan Hidup Jadi Pertahanan Ekonomi Di Garis Depan

Lalu, sebanyak 10 provinsi tidak memenuhi target yaitu Aceh, Bengkulu, Kep. Riau, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah. Secara keseluruhan, nilai IKL pada tahun 2020 adalah sebesar 59,54.
 
"Kita syukuri bahwa kualitas lingkungan hidup kita semakin membaik. Artinya, jaminan hak masyarakat untuk mendapatkan lingkungan yang baik dan sehat dapat kita penuhi,” kata Karliansyah. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense