BREAKING NEWS
 

Menteri Erick : Integrasi Pembiayaan Ultra Mikro Jadi Prioritas Pemerintah

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Jumat, 26 Februari 2021 12:07 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Sementara itu Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso mengatakan, integrasi BUMN untuk ultra mikro tidak sama dengan aksi korporasi akuisisi dan holding. Melalui integrasi, pemerintah dijamin tetap akan memiliki kontrol terhadap BRI, PNM, dan Pegadaian.

Selain itu, aksi ini juga akan menjamin terciptanya kerja sama dan koordinasi yang lebih terukur. “Kenapa perlu dibangun ekosistem ini? Supaya nggak jalan sendiri-sendiri, dan kemudian sinerginya memang diikat oleh kepemilikan, bukan seremonial, tanda tangan MOU. Ini memang diikat secara equity," tegasnya.

Baca juga : Hadapi Disrupsi Informasi Saat Pandemi, Wapres Ma`ruf Dorong Akademisi Terus Berinovasi

Kemudian apa yang disasar? Apakah tidak memakan pangsa pasarnya BRI? Sunarso menjawab tidak. Katanya, ini sejalan dengan strategi pertumbuhan kita, menumbuh kembangkan yang sudah ada dan kemudian juga mencari ke segmen yang belum di-touch oleh lembaga keuangan yang formal.

Sunarso menyebut, saat ini masih ada sekitar 30 juta pelaku UMKM yang belum terlayani lembaga keuangan formal. Kemudian, 5 juta di antaranya masih mengandalkan layanan para lintah darat atau rentenir untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca juga : Mendikbud: Guru PAUD Dan SD Prioritas Divaksinasi

Pelaku UMKM dan usaha ultra mikro yang belum tersentuh lembaga keuangan formal ini harus menanggung beban berat selama ini, karena kerap mendapat pinjaman berbiaya tinggi hingga 100-150 persen per tahun.

Ia merinci, ada juga 7 juta di antaranya (pelaku UMKM) kalau butuh pinjaman, pinjam ke kerabat. Ada 18 juta yang belum terlayani sama sekali. "Jadi sasaran kita ketika membentuk ekosistem ini adalah memasukkan 18 juta (pelaku UMKM) itu dalam sistem lembaga keuangan formal supaya bisa dilayani lebih baik,” ujar Sunarso. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense