Dark/Light Mode

Mau Tanding Di All England

Atlet Bulutangkis Jadi Prioritas Penerima Vaksin

Rabu, 17 Februari 2021 07:55 WIB
Foto ilustrasi vaksin. (Foto : Picture Alliance).
Foto ilustrasi vaksin. (Foto : Picture Alliance).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menyiap­kan 1.500 vaksin bagi atlet. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan memprioritaskan pemberian vaksin bagi atlet bulutangkis.

Para pebulutangkis dapat giliran pertama divaksinasi karena mereka bakal men­jalani turnamen tur Eropa pada Maret mendatang. Sebelum tampil di All England 17-21 Maret, sejumlah pemain lebih dulu tampil di Swiss Open 2-7 Maret 2021.

“Bulu tangkis bulan depan ada All England, dan saya dengar ada beberapa juga merupakan kualifikasi Olimpiade, itu masuk prioritas kami untuk disegerakan menda­pat vaksin,” ujar Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto, kemarin.

Baca juga : Wapres Ingatkan, Polisi Tidak Boleh Gagal Kawal Vaksinasi

Selain atlet bulu tangkis, skuat timnas basket yang dijad­walkan mengikuti kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Qatar juga masuk dalam daftar prioritas penerima vaksin.

Namun, gelaran yang dijad­walkan 19- 23 Februari itu, batal terselenggara. “Basket kan batal. Jadi kemungkinan hanya badminton,” imbuh­nya.

Secara umum, program vak­sinasi akan dimulai dengan atlet yang dipersiapkan tampil pada single event maupun multi event yang akan digelar tahun 2021. Di antaranya atlet Pelatnas Olimpiade Tokyo dan SEA Games Vietnam 2021.

Baca juga : Pemerintah Gaspol Perangi Covid-19, Semoga Lancar

Gatot menuturkan, dia menerima kabar tersedianya 1.500 vaksin bagi atlet dari Sekretaris Jenderal (Sekjen Kemenkes) Oscar Primadi, kemarin pagi.

Dia langsung melaporkan­nya ke Menpora Zainudin Amali. “Jadi, pekan ini kita sudah bisa memulai program vaksinasi terhadap atlet,” tutur Gatot.

Gatot menyebut, penyun­tikkan vaksin dilakukan se­cara bertahap. Bagi yang di Jakarta, vaksinasi dilakukan di Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) Cibubur, Jakarta Timur.

Baca juga : Berani Divaksin, Kita Diskrining Sebelum Disuntik

Sementara yang berada di luar Jakarta, bisa menjalani vaksinasi di daerahnya masing-masing. “Jadi tidak langsung keroyokan 1.500 orang,” ucap Gatot.

Untuk membahas detil vak­sinasi, hari ini Kemenpora berencana menggelar rapat bersama Kemenkes, RSON dan cabang olahraga (cabor) yang jadi prioritas, di Wisma Kemenpora. “Cabor yang hadir hanya PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia),” imbuhnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.