Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mencontoh Negeri Jiran

Pengusaha Ingin Pekerja Maritim Diprioritaskan Dapat Vaksin

Selasa, 16 Februari 2021 21:57 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah akan kembali menjalankan vaksinasi tahap kedua mulai besok Rabu (17/2), dengan sasaran pedagang pasar di Tanah Abang.

Ketika pedagang pasar menjalani prioritas, profesi lain seperti pelaut dan pekerja di pelabuhan juga meminta untuk menjadi prioritas kelompok masyarakat penerima vaksin.

Menurut Ketua Umum DPP INSA Indonesian National Shipowners' Association Carmelita Hartoto, para pelaut dan pekerja pelabuhan adalah garda terdepan dalam distribusi logistik. Peran mereka juga tidak kalah dengan dokter dan perawat.

Baca juga : Dongkrak Sektor Logistik, Pelaut Dan Pekerja Pelabuhan Kudu Divaksin

"Makanya kita harus pastikan pelaut dan pekerja pelabuhan juga menjadi prioritas penerima vaksin lebih dulu," kata Carmelita dalam keterangan resmi, Selasa (16/2).

Dia melanjutkan, pelaut dan pekerja pelabuhan memiliki peran penting dan selalu mobile. Khususnya dalam memastikan kelancaran arus barang dan ketersediaan logistik di seluruh pulau Indonesia.

Namun di sisi lain, para pelaut dan para pekerja pelabuhan merupakan kelompok yang rentan terhadap riiko terpapar Covid-19. Apalagi kegiatan distribusi barang juga tidak boleh berhenti. Dan harus terus berjalan selama 24 jam selama 7 hari dalam sepekan.

Baca juga : Wartawan Diprioritaskan Menerima Vaksin Covid-19, Bamsoet Apresiasi Jokowi

Karenanya, lanjut Carmelita, vaksinasi untuk pekerja maritim sangat penting. Jika menengok Negeri Jiran, yaitu Singapura, telah mulai melakukan vaksinasi bagi para pekerja maritim dan penerbangan mereka, pada pertengahan Januari lalu. Dilansir dari Straits Times, sebanyak 37 ribu pekerja dari kedua sektor itu akan menerima vaksinasi massal.

"Indonesia sebagai negara kepulauan, sudah sewajarnya pula memprioritaskan para pekerja maritim untuk mendapatkan vaksin, guna terjaminnya distribusi dan arus barang nasional," sebutnya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mulai vaksinasi tahap kedua pada Rabu (17/02/2021), yang menyasar masyarakat berusia lanjut dan petugas pelayanan publik. Selain lansia dan pelayanan publik, ada juga pedagang pasar serta kelompok pendidik yakni guru, dosen serta tenaga pendidik.

Baca juga : Wamenhan Perkuat Kerja Sama Di Kawasan Samudera Hindia

Kelompok lainnya adalah tokoh agama dan penyuluh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, ASN; keamanan, pelayanan publik, pariwisata, pekerja transportasi publik, atlet, serta wartawan dan pekerja media. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.