BREAKING NEWS
 

Kepala BPOM: Tak Ada Pilih Kasih, Vaksin Nusantara Mentok Di Persyaratan

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Rabu, 14 April 2021 12:41 WIB
Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito (Foto: Humas BPOM)

 Sebelumnya 
Hingga kini, aspek proof of concept dari vaksin Nusantara juga belum terpenuhi. Antigen yang digunakan pada vaksin tersebut, juga tidak memenuhi pharmaceutical grade.

Baca juga : BPOM Terus Kawal Uji Klinis Vaksin Nusantara

Hasil dari uji klinis fase 1 terkait keamanan, efektivitas atau kemampuan potensi imunogenitas untuk meningkatkan antibodi, juga belum meyakinkan. Sehingga, memang belum bisa melangkah untuk fase selanjutnya.

Baca juga : Meski Tak Ada Pilkada 2021, Bawaslu Ingatkan Tetap Jaga Etika

"Kami tidak menghentikan vaksin Nusantara. Dalam hal ini, tim peneliti perlu melakukan perbaikan dan menyampaikan perbaikan kepada BPOM, sebagaimana hasil review yang diberikan BPOM kepada tim peneliti vaksin Nusantara," papar Penny.

Baca juga : Pilih Naik Oktagon Dibanding Catwalk

"Silakan diperbaiki proof of concept-nya, juga data-data yang dibutuhkan untuk pembuktian kesahihan validitas dari tahap 1 clinical trial. Kalau itu semua terpenuhi, barulah kita tinjau kemungkinan untuk melangkah ke fase selanjutnya," sambungnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense