BREAKING NEWS
 

Ikut Hannover Messe

Kemenperin Targetkan 23 Startup4Industry Makin Mendunia

Reporter & Editor :
ADITYA NUGROHO
Rabu, 14 April 2021 17:19 WIB
Dirjen IKM dan Aneka. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih berharap, keterlibatan 23 Startup4Industry di Hannover Messe 2021 akan membuat mereka mendunia.

“Mereka akan mendapat pasar dari luar dan investor. Dengan begitu mereka bisa mendunia,” ujarnya saat berbincang dengan media secara virtual, Rabu (14/4).

Diketahui dari 63 startup asal Indonesia yang mengikuti Hannover Messe 2021, 23 perusahaan di antaranya adalah peserta Startup4industry.

Baca juga : Hannover Messe Jadi Ajang Pamer Kemampuan Industri Nasional

Gati berharap, ke-23 Startup4Industry tersebut akan mendapatkan investor dan pasar pada acara Hannover Messe. Mereka antara lain PT. Mygrowtek Jaya Imajin (Imajin). Startup ini mengajak manufaktur Indonesia untuk saling berbagi sumber daya dan terhubung membentuk hub factory sharing.

Kemudian, PT. Tata Sarana Mandiri (TSM). Startup ini adalah perusahaan berbasis teknologi tinggi yang aktif melakukan riset utamanya di perangkat telekomunikasi. 

Adsense

“Kami bangga dengan upaya TSM untuk menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia mampu membuat produk elektronika dan TIK dengan nilai TKDN 40 persen dan berkualitas global,” bebernya.

Baca juga : Menperin: Hannover Messe Bangkitkan Industri Nasional

Kemudian, PT. Multi Areal Planning Indonesia (MAPID). Startup ini melahirkan MVP (minimum valuable product) yaitu digital geo mapping dengan internet of things.

Gati mengatakan, program Startup4industry merupakan gerakan Making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari startup untuk mendorong implementasi teknologi di industri dan masyarakat.

Program Startup4industry bertujuan untuk mengakselerasi startup sebagai technology provider/problem solver bagi industri dan masyarakat.

Baca juga : Di Ajang Hannover Messe 2021, Industri Indonesia Siap Unjuk Gigi

Kemudian, kata Gati, mengimplementasi teknologi di industri khususnya industri kecil dan menengah (IKM). Dan mensosialisasikan penggunaan teknologi buatan Indonesia.

Gati menambahkan, sepanjang pelaksanaan Startup4industry dari tahun 2018 ada 514 startup yang ikut dalam kompetisi, 15 proyek implementasi selesai dikerjakan, dan menghasilkan 49 hubungan bisnis yang terjalin antara startup dan IKM. [DIT]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense