BREAKING NEWS
 

Hilangkan Konflik Dalam Memimpin

Kepala Daerah Harus Rukun Dengan Wakilnya

Reporter & Editor :
APRIANTO
Selasa, 14 September 2021 06:55 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan seluruh kepala daerah dan wakilnya tetap rukun selama memimpin. (Foto: IG @titokarnavian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan seluruh kepala daerah dan wakilnya tetap rukun selama memimpin. Sebab, disharmoni dalam kepemimpinan hanya akan menghambat urusan Pemerintah Daerah (Pemda).

Tito mengatakan, idealnya kepala dengan wakil kepala daerah harus rukun dan bersinergi dalam memimpin daerah. Termasuk dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), guna menjalankan urusan pemerintahan dan pembangunan di wilayah masing-masing.

Mantan Kapolri ini kembali mengingatkan pentingnya keharmonisan antara kepala dan wakil kepala daerah karena menemukan banyak kasus konflik antara kepala daerah dan wakilnya. Bahkan, tak jarang mereka secara terbuka saling menyerang lewat pernyataan negatif di media massa.

Baca juga : Mendagri: Luruskan Niat Mengabdi Untuk Rakyat!

“Ini membuat organisasi Pemda tidak sehat dan dipenuhi problem. Baik internal maupun eksternal,” tegas Tito, kemarin.

Menurut Tito, sumber disharmoni atau konflik di daerah biasanya berpangkal pada dua hal. Yakni, kewenangan dan masalah keuangan. Padahal, dalam undang-undang sudah jelas tertulis, kewenangan memimpin Pemda adalah sepenuhnya hak kepala daerah.

“Artinya, wakil kepala daerah harus paham kedudukannya adalah membantu kepala daerah guna tercapainya urusan pemda,” jelasnya.

Baca juga : Mendes Ngarep Anggaran Dana Desa Tahun Depan Nggak Disunat

Tito mengajak bupati, wali kota dan wakilnya benar-benar menjiwai semangat dan substansi Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda.

Dalam beleid UU itu sudah dijelaskan soal kewenangan, tanggung jawab serta pola hubungan pusat dan daerah secara lengkap. Kepala daerah dan wakilnya harus sama-sama menjaga hubungan baik, perlu menjaga dan meluruskan niat bersama untuk mengabdi kepada masyarakat.

Adsense

“Ajakan saya ini terkesan klise, namun sejatinya itulah harus dikerjakan pemimpin, yaitu mengabdi kepada rakyat,” ingatnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense