BREAKING NEWS
 

Menteri Siti Nobatkan Tiga Kota Ramah Lingkungan Di ASEAN

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Kamis, 21 Oktober 2021 23:38 WIB
Menteri LHK, Siti Nurbaya memberikan sambutan di acara Penghargaan ESC ASEAN ke-5 dan Sertifikat Pengakuan ke-4 yang dilakukan virtual, Kamis (21/10)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya bersama  Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi menyerahkan penghargaan kepada beberapa kota di Asia Tenggara yang telah melakukan upaya pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

Penghargaan yang dinamai “the 5th ASEAN ESC Award and the 4th Certificate of Recognition” merupakan salah satu program kerja sama ASEAN di bawah koordinasi ASEAN Working Group on Environmentally Sustainable Cities (AWGESC)

Dalam sambutannya, Menteri Siti menyebutkan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu pendekatan paling efektif untuk mendorong kota-kota di ASEAN dapat lebih memobilisasi sumber daya mereka untuk membangun kota yang bersih dan hijau, serta dapat menetapkan standar untuk diikuti oleh kota-kota yang lain. 

Baca juga : Sukses Tekan Polusi Udara, Surabaya Raih Penghargaan ASEAN ESC

“Saya sangat berharap ini akan memotivasi untuk meningkatkan kinerja lingkungan kita dan menginspirasi orang lain untuk berbagi praktik terbaik di seluruh dunia. Kolaborasi yang kuat adalah kunci untuk menjembatani kesenjangan dan untuk bergerak maju dengan cara yang lebih harmonis,” kata Siti saat menyerahkan penghargaan kepada perwakilan penerima Kamis (21/10).

Adsense

Eks Sekjen DPD RI ini menjelaskan, bahwa Indonesia telah memiliki program serupa yang disebut Adipura. 

Penghargaan Adipura, yaitu penghargaan yang diberikan kepada kota-kota yang memenuhi kriteria lingkungan tertentu, tidak hanya sebagai kota yang bersih dan hijau, tetapi berhasil menunjukkan upaya yang signifikan dalam mengelola limbah domestiknya, serta mempromosikan ekonomi sirkular melalui pengelolaan sampah. 

Baca juga : Jokowi Tanam Mangrove Bersama Para Dubes Dan Pegiat Lingkungan Di Kaltara

“Tiga kota dari Indonesia yang menerima penghargaan hari ini, termasuk di antara yang telah menerima penghargaan Adipura,” terang Siti.

Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi menyampaikan, bahwa ASEAN bangga mengakui kota-kota yang mendapat penghargaan ESC Award dan Certificate of Recognition tahun ini. 

Menurutnya, kota-kota tersebut telah memprioritaskan kebijakan dan program pembangunan yang ramah lingkungan.(MFA)
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense