BREAKING NEWS
 

Sinergi Dengan Perbankan

LPDB-KUMKM Percepat Rekonsiliasi Data Rekening Dana Bergulir

Reporter : DANU ARIFIANTO
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Kamis, 28 Oktober 2021 23:04 WIB
Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo saat menghadiri acara Rekonsiliasi Rekening dengan Perbankan Triwulan III Tahun 2021, bersama mitra-mitra perbankan pusat maupun daerah, di Nusa Dua, Bali, Kamis (28/10). (Foto: Humas LPDB-KUMKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) melakukan rekonsiliasi data rekening dana bergulir di perbankan nasional.

Hal itu dilakukan untuk memenuhi amanat Peraturan Menteri Keuangan Nomor 129 tentang Pedoman Pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU), serta rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan  (BPK).

BLU diminta melaksanakan rekonsiliasi dengan perbankan tempat rekening pengelolaan dana bergulir dibuka.

Baca juga : Satgas Perkuat Sinergi Internal Dan Eksternal Untuk Percepat Penyelesaian Sanksi WADA

"Tujuannya, untuk tercapainya kesesuaian saldo, perhitungan jasa giro dan imbal hasil atas penempatan dana yang telah dilaksanakan LPDB-KUMKM," ujar Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo.

Hal itu disampaikannya dalam acara Rekonsiliasi Rekening dengan Perbankan Triwulan III Tahun 2021, bersama mitra-mitra perbankan pusat maupun daerah, di Nusa Dua, Bali, Kamis (28/10). Acara dihadiri sekitar 30 bank. Termasuk, Bank Pembangunan Daerah (BPD) di seluruh Indonesia,

Supomo mengatakan, kerja sama LPDB-KUMKM dengan perbankan tidak hanya sebatas penempatan dana atau penyaluran dana bergulir. Tapi juga, melaksanakan pengalihan dana bergulir program Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2000-2007.

Baca juga : Sinergi Bank Mandiri, Start-Up Hingga Asosiasi Dorong UMKM Transformasi Digital

"Kami harapkan kerja sama ini dapat lebih kita tingkatan melalui pertukaran informasi potensi dana yang dapat dikembalikan, pemindahbukuan angsuran pokok koperasi penerima program yang masih ada di rekening koperasi ke rekening LPDB-KUMKM," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Supomo juga menyampaikan apresiasi kepada mitra perbankan yang telah menjalankan peran strategis dalam mendukung LPDB-KUMKM.

Baik dalam proses penyaluran dana bergulir kepada mitra LPDB-KUMKM, maupun dalam kegiatan operasional LPDB-KUMKM.

Adsense

Baca juga : PUPR Percepat Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Di NTT

'Perlu kami sampaikan, kebijakan penyaluran dana bergulir LPDB-KUMKM saat ini hanya melalui koperasi. Kebijakan ini ditujukan sebagai stimulus bagi koperasi dan UKM untuk menggerakkan perekonomian di daerah. Selain itu, LPDB-KUMKM juga menjalankan program inkubator dan pendampingan," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan LPDB-KUMKM Ahmad Nizar menambahkan, total dana bergulir periode 2000-2007 yang memiliki potensi kembali sebesar Rp 1,2 triliun.

Hingga saat ini, yang sudah bisa dialihkan sekitar Rp 950 miliar, atau kurang lebih sebesar 80 persen. "Bahkan, dana tersebut sudah digulirkan kembali," ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense