BREAKING NEWS
 

Membaca Harus Jadi Budaya Kolektif Bangsa

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Jumat, 12 November 2021 15:11 WIB
Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas Adin Bondar (Foto: Dok. Perpusnas)

 Sebelumnya 
Keseriusan Pemerintah menggalakkan juga disokong Duta Baca Indonesia Gol A Gong. Menurutnya, gerakan budaya baca sudah lebih progresif. Artinya, lembaga perpustakaan juga turut beradaptasi. Jangan lagi berpikir hanya sebagai ruangan penyimpanan koleksi. Semua orang harus mendapatkan manfaat dari keberadaan perpustakaan. Eksistensi perpustakaan ke arah inklusi sosial. 

Gol A Gong mengakui, kini sudah banyak perpustakaan yang telah memodernisasi sebagai pusat belajar dan memberikan latihan keterampilan (soft skill) dan pemajuan kebudayaan. “Konsep literasi untuk kesejahteraan lebih nyata dilakukan melalui perpustakaan,” terangnya.

Baca juga : Jakarta Waspada Potensi Hujan Petir Siang Dan Sore

Pendiri komunitas Masyarakat Gemar Membaca Airin Rachmi Diany mengemukakan tantangan dalam membudayakan membaca di kondisi saat ini. “Mengarahkan kebiasaan membaca anak saat ini penuh dengan dinamika yang berbeda. Ini yang dihadapi para orang tua,” ucap mantan Wali Kota Tangerang Selatan ini.

Satuan pendidikan juga merupakan bagian yang bertanggung jawab mengatasi persoalan kegemaran membaca. Sayangnya, masih banyak ruangan perpustakaan di sekolah yang ditempatkan bukan pada semestinya. Koleksi yang disediakan kebanyakan buku-buku kurikulum. Ini tentu bisa mengakibatkan kemalasan siswa untuk mengunjungi perpustakaan.

Baca juga : HNW Ajak Milenial Lestarikan Seni Budaya Bangsa

Idealnya, kata Kepala Sekolah SMA 70 Jakarta Ratna Budiarti, perpustakaan dapat menyediakan bahan bacaan yang diminati siswa yang sesuai dengan keragaman tingkat perkembangan anak. “Perpustakaan sekolah bisa menjadi tempat yang menyenangkan jika ditata dengan bagus, pelayanan yang ramah, sering melakukan promosi yang terkait pengembangan minat dan kegemaran membaca,” pungkas Ratna. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense