BREAKING NEWS
 

Dubes Inggris Ngarep Jokowi Sukses Bikin Rusia-Ukraina Akur

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Sabtu, 2 Juli 2022 07:58 WIB
Dubes Inggris untuk Indonesia merangkap Timor Leste Owen Jenkins.(Foto Tangkapan Layar video Kedubes Inggris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins menyambut baik lawatan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia, yang berlangsung di tengah peperangan dua negara bertetangga itu. Dia berharap, kunjungan Jokowi bisa membuat Rusia-Ukraina akur.

“Kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada Presiden Jokowi dan berharap kunjungan internasional Presiden dalam rangka misi perdamaian membuahkan kesuksesan,” harap Dubes Jenkins dalam keterangan resminya, Kamis (30/6).

Baca juga : Dari Polandia, Jokowi Lanjutkan Misi Perdamaian Ke Moskow

Dubes Jenkins mengatakan, ulah Rusia menginvasi Ukraina tak hanya berdampak pada negara di kawasan, tapi juga global, termasuk Indonesia. Selain menggempur Ukraina, menurut dia, Rusia juga memblokir pelabuhan Ukraina, menembaki infrastruktur sipil dan mencegah Ukraina mengekspor sebagian besar produknya.

Adsense

“Hampir empat bulan berlalu sejak (Presiden Rusia Vladimir) Putin meluncurkan perang ilegal yang tidak beralasan ini. Memaksa orang-orang yang tidak bersalah di Ukraina menderita, melawan, melarikan diri dan mati,” jelas Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste itu.

Baca juga : Fadel Uraikan Peluang Keberhasilan Jokowi Damaikan Rusia-Ukraina

Ia menegaskan, Putin tidak bisa menang. Masyarakat Ukraina akan berubah dengan tidak lagi berbicara bahasa Rusia, setelah Moskow melakukan invasi.

“Tujuan Inggris tetap jelas, mendukung Ukraina dan memastikan Ukraina berhasil, sehingga perang agresif dihukum, bukan dihargai,” tegasnya.

Baca juga : Bertemu Macron, Jokowi Bahas Situasi Ukraina Hingga Bilateral

Pada 29-30 Juni lalu, Jokowi berkunjung ke Kiev dan Moskow untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin secara terpisah.

Dalam kunjungan itu, Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meski masih sangat sulit dicapai, dia juga tetap menyampaikan pentingnya spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur dan perang harus diakhiri. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense