BREAKING NEWS
 

Pilpres Digelar 20 Juli

Pengunduran Diri Rajapaksa Diterima, Rakyat Sri Lanka Bersuka Cita

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Jumat, 15 Juli 2022 14:36 WIB
Gotabaya Rajapaksa, akhirnya mundur secara resmi dari jabatannya sebagai Presiden Sri Lanka. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Parlemen Sri Lanka Mahinda Yapa Abeywardana menegaskan, pihaknya telah menerima surat pengunduran diri dari Presiden Gotabaya Rajapaksa. Keaslian surat yang dikirim dari Singapura via email itu telah diverifikasi.

Sebelumnya, Rajapaksa juga telah menyampaikan pengunduran diri secara lisan kepada Abeywardana, via telepon.

Pengunduran diri ini menjadikan Rajapaksa sebagai presiden pertama yang mengundurkan diri, sejak Sri Lanka mengadopsi sistem pemerintahan presidensial pada tahun 1978.

Baca juga : Sri Lanka, Pelajaran Untuk Kita

“Dia telah mengundurkan diri secara sah. Saya telah menerima pengunduran diri itu. Dari titik ini, kami akan bergerak untuk menunjuk Presiden baru secara konstitusional. Saya optimis, Pilpres akan berjalan dengan cepat dan sukses,” kata Abeywardana.

“Dengan kebanggaan sebagai negara demokrasi tertua di Asia Selatan, kami akan melakukannya dengan cara yang paling demokratis dan transparan,” imbuhnya.

Menurut rencana, Abeywardana akan memanggil Badan Legislatif pada Sabtu (16/7). Agenda akhir pekan, akan ditetapkan pada hari ini. Sedangkan Pilpres di parlemen, akan dijadwalkan pada 20 Juli mendatang.

Baca juga : Pidato Pengunduran Diri, Boris Johnson Siap Dukung Perdana Menteri Baru

“Semoga, proses Pilpres bisa rampung dalam 7 hari. Saya akan meminta kerja sama semua pihak, untuk memenuhi syarat konstitusi,” ucapnya.

Sesuai konstitusi Sri Lanka, Perdana Menteri Ranil Wrickemesinghe – yang juga didesak mundur oleh para demonstran – otomatis menjadi Presiden, hingga parlemen memilih seorang anggota parlemen untuk menggantikan Rajapaksa selama sisa masa jabatannya.

Wickremesinghe juga merupakan pilihan pertama dari partai berkuasa, untuk mengambil alih kepemimpinan secara penuh. Meski belum ada keputusan yang diambil.

Adsense

Baca juga : Kuipers Dan Da Silva Absen, Henhen-Kambuaya Bakal Mati-matian

Sajith Premadasa dari partai oposisi, siap bertarung memenangkan Pilpres.  Sementara anggota parlemen senior Dullas Alahapperuma, tampil menjadi kuda hitam. 

Partai oposisi Sri Lanka kini mencoba untuk membentuk pemerintahan yang mengakomodir semua partai, dan memilih kandidat yang dapat menggantikan Rajapaksa dan Wickremesinghe.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense