Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pidato Pengunduran Diri, Boris Johnson Siap Dukung Perdana Menteri Baru

Kamis, 7 Juli 2022 21:06 WIB
PM Inggris Boris Johnson dalam pidato pengunduran diri di luar Downing Street No.10, London. (Foto: Reuters)
PM Inggris Boris Johnson dalam pidato pengunduran diri di luar Downing Street No.10, London. (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Boris Johnson akhirnya melepas jabatannya sebagai Perdana Menteri Inggris, Kamis (7/7). Tunduk pada seruan dari rekan-rekan menteri dan anggota parlemen di Partai Konservatif yang dipimpinnya.

Berikut teks lengkap pidato pengunduran diri Johnson, yang disampaikan di luar kediaman resmi Downing Street No.10, seperti dikutip Reuters, Kamis (7/7):

"Sekarang jelas, Partai Konservatif menginginkan pemimpin baru dan perdana menteri baru. Saya setuju dengan pendapat Ketua Anggota Parlemen backbench kami, Graham Brady, bahwa pemilihan pemimpin baru harus dimulai sekarang. Jadwalnya akan diumumkan minggu depan. Hari ini, saya juga telah menunjuk anggota kabinet baru, sampai terpilihnya perdana menteri.

Saya ingin mengatakan terima kasih atas mandat luar biasa, yang diberikan jutaan pemilih kami pada 2019. Banyak dari mereka, yang mencoblos Partai Konservatif untuk pertama kalinya. Ini adalah mayoritas dukungan Konservatif terbesar sejak 1987, dan dukungan suara terbanyak sejak 1979.

Baca juga : Mundur Hari Ini, Boris Johnson Masuk 4 Besar PM Inggris Dengan Masa Jabatan Tersingkat

Itulah yang menjadi alasan saya berjuang begitu keras dalam beberapa hari terakhir. Bukan hanya karena saya ingin melakukannya. Tapi karena saya merasa itu adalah pekerjaan saya, tugas saya, dan kewajiban saya kepada Anda untuk mewujudkan apa yang kami janjikan pada 2019.

Saya sangat bangga dengan pencapaian pemerintah ini. Mulai sejak menyelesaikan Brexit, hingga menyelesaikan hubungan Inggris dengan Eropa selama lebih dari setengah abad. Merebut kembali kekuatan negara ini untuk membuat undang-undangnya sendiri di parlemen.

Sepanjang pandemi, Inggris juga berhasil meluncurkan vaksin tercepat di Eropa, paling dulu keluar dari lockdown. Serta dalam beberapa bulan terakhir, memimpin Barat dalam menghadapi agresi Putin di Ukraina.

Izinkan saya mengatakan sekarang, kepada orang-orang Ukraina, bahwa kami di Inggris akan terus mendukung perjuangan Anda untuk kebebasan. Selama itu diperlukan.

Baca juga : Breaking News: Boris Johnson Mundur Hari Ini

Pada saat yang sama, kami juga telah mendorong program investasi besar-besaran dalam infrastruktur dan keterampilan dan teknologi, yang terbesar dalam abad ini.

Jika mengacu pada satu wawasan tentang manusia, itu adalah bentuk kejeniusan. Bakat, antusiasme, dan imajinasi merata di seluruh penduduk. Tapi, kesempatan tidak.

Itulah kenapa kita harus terus naik level, terus berupaya mengerahkan potensi di setiap bagian Inggris, agar menjadi yang paling makmur di Eropa.

Dalam beberapa hari terakhir, saya telah mencoba untuk meyakinkan rekan-rekan, bahwa mengubah pemerintah ketika mereka memberikan begitu banyak hal dan memiliki mandat yang begitu luas, adalah hal yang eksentrik. Ketika kami sebenarnya hanya memiliki sedikit poin yang tertinggal dalam jajak pendapat, bahkan di tengah semester, setelah beberapa bulan naik. Di tengah situasi ekonomi yang begitu sulit, baik di dalam negeri atau internasional.

Baca juga : Pesona Anggrek Kediri Siap Dukung Kampung Florikultura

Saya menyesal, tidak berhasil memenangkan argumen itu. Tentu saja menyakitkan, karena tidak bisa melihat begitu banyak ide dan proyek sendiri. Tapi seperti yang telah kita lihat di Westminster, naluri kawanan semakin kuat ketika kawanan bergerak.

Teman-temanku,  dalam politik, tak ada seorang pun yang betul-betul diperlukan. Sistem Darwin kita yang begitu brilian, akan menghasilkan pemimpin lain, yang sama-sama berkomitmen untuk membawa negara ini maju. Melalui masa-masa sulit.

Tak hanya membantu setiap keluarga untuk melewatinya, tetapi juga mengubah dan meningkatkan cara kita untuk melakukan berbagai hal. Memangkas beban bisnis dan keluarga dan memotong pajak. Karena itulah cara untuk menghasilkan pertumbuhan dan pendapatan yang kita perlukan, untuk menghasilkan suatu layanan publik yang bagus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.