BREAKING NEWS
 

Virus Polio Terlacak Di Limbah Pinggiran New York

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Rabu, 3 Agustus 2022 08:05 WIB
Ilustrasi virus polio (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pejabat kesehatan Amerika Serikat (AS) mengungkap kemunculan virus polio di limbah pinggiran Kota New York, sebulan sebelum kasusnya terdeteksi pada Juli lalu.

Kasus pertama di AS sejak 2013 itu melibatkan seorang warga di Rockland County.

"Tak ada kasus baru yang diidentifikasi. Belum jelas, apakah penyakit ini menyebar secara aktif, atau tidak," ujar pejabat tersebut, seperti dikutip BBC, Selasa (2/8).

Baca juga : Jaga Kepercayaan Rakyat

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), keberadaan virus polio dalam limbah masyarakat itu menunjukkan, ada orang lain yang menyebarkan virus melalui tinja mereka.

Pasien Rockland County diketahui belum mendapat vaksinasi polio. Kemungkinan, dia terpapar dari seseorang yang menerima vaksin berisi virus hidup yang dilemahkan.

Adsense

Dari hasil tes laboratorium terhadap kasus tersebut, ditemukan adanya varian, yang secara genetik terkait dengan yang ditemukan di Israel. Meski tidak berarti, pasien tersebut telah bepergian ke sana.

Baca juga : Kasus Jin Buang Anak Dinilai Lebih Tepat Diselesaikan Di Dewan Pers

Hal ini juga terkait dengan sampel virus di Inggris. Bulan lalu, pejabat kesehatan Inggris mengatakan, virus penyebab polio terdeteksi di sejumlah sampel limbah di London.

Sejauh ini, tak ada obat untuk menyembuhkan polio. Namun, penyakit tersebut dapat dicegah dengan vaksin.

Penyakit yang sebagian besar menjangkiti anak-anak ini, dapat menyebabkan kelemahan otot dan kelumpuhan. Dalam kasus yang paling serius, mengakibatkan cacat permanen dan kematian.

Baca juga : Krisis Iklim Berdampak Pada Hak-hak Anak

Vaksin polio inactivated digunakan di AS dan Inggris sebagai bagian dari program rutin anak-anak.

Data vaksinasi CDC menyebut, sekitar 93 persen balita di AS telah menerima setidaknya tiga dosis suntikan polio. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense