BREAKING NEWS
 

Posting Kegiatan Bersama Jokowi Di Medsos

PM Malaysia Enjoy Kunjungi Indonesia

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MUHAMMAD RUSMADI
Selasa, 10 Januari 2023 03:55 WIB
Presiden Joko Widodo menyetir buggy car, membawa PM Malaysia Anwar Ibrahim berkeliling Kebun Raya Bogor. (Foto Instagram @anwarIbrahim_my)

 Sebelumnya 
Dalam pertemuan empat mata, Jokowi meminta secara khusus pada Anwar mengenai pekerja migran. Hal pertama yang diminta adalah terkait perlindungan bagi pekerja migran Indonesia.

“Saya menyambut baik komitmen PM Anwar Ibrahim dalam memberikan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia. Saya berharap one channel system untuk perekrutan dan penempatan pekerja migran Indonesia, benar-benar bisa kita jalankan bersama,” ujar Jokowi dikutip laman Setkab.

Baca juga : Temui Jokowi Di Bogor, PM Malaysia Bahas Investasi IKN Nusantara

Kedua, Jokowi secara spesifik meminta bantuan terhadap anak-anak pekerja migran Indonesia. “Tadi saya mengulangi permintaan saya pentingnya pembangu￾nan community learning center di Semenanjung, untuk memenuhi hak anak-anak pekerja migran Indonesia,” terangnya.

Ini merupakan kunjungan luar negeri pertama Anwar, setelah ia resmi dilantik menjadi PM Malaysia akhir November lalu. Ini juga kali pertama Anwar berkunjung ke Indonesia, setelah resmi menjabat Perdana Menteri Malaysia pada 24 November 2022.

Baca juga : Jokowi Diyakini Sedang Matangkan Reshuffle

Anwar memang dekat dengan Indonesia, bahkan sejak ia masih menjadi tokoh reformasi Malaysia. Dia dikenal akrab dengan sejumlah tokoh dan pejabat Indonesia, salah satunya mantan Presiden BJ Habibie. Habibie kerap membantu dan memberikan dukungan moral ketika Anwar dijerat berbagai kasus selama memperjuangkan reformasi di Malaysia.

Setelah Anwar dilantik menjadi PM, hubungan Malaysia dan Indonesia pun kian hangat. Kedekatan itu sudah tercermin sejak Anwar baru saja terpilih menjadi PM tahun lalu. Jokowi menjadi pemimpin negara pertama yang mengucapkan selamat kepada Anwar. Saat menerima telepon, pemimpin Malaysia itu tampak penuh senyum dan sumringah. ■ 

Baca juga : PM Baru Malaysia Akan Kunjungi RI Awal Tahun

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense