BREAKING NEWS
 

Dubes RI Di Berlin, Havas Oegroseno, Ajak Pelajar Contoh Bung Hatta Dan Habibie

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Jumat, 24 Maret 2023 06:46 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.(Foto RM/KBRI Berlin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno berpesan pada para pelajar yang mengenyam pendidikan di luar negeri untuk meniru semangat perjuangan para pemimpin bangsa, seperti Muhammad Hatta dan BJ Habibie.

Pesan ini disampaikan dalam deklarasi dan kongres pertama Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (IAPPI) di Jakarta pada Selasa (21/3). Menurut Dubes Havas, Muhammad Hatta dan BJ Habibie selalu gigih dan tak pernah berkeluh kesah selama belajar di luar negeri. Mereka mesti menjadi contoh, teladan dan inspirasi, bagi para pelajar tentang peluang kerja di Indonesia setelah selesai studi di luar negeri.

Baca juga : Tinjau Pasar Beringharjo, Ibu Negara Iriana Borong Tas Dan Daster

“Ide-ide baru dan inovatif sangat dibutuhkan dalam pembangunan Indonesia. Para pelajar dan alumni memegang peranan besar untuk merealisasikan hal ini,” harapnya.

Adsense

Jerman, menurut Havas, menjadi salah satu negara dengan jumlah terbanyak pelajar Indonesia yang sedang atau telah menyelesaikan studi. Koordinator Steering Committee IAPPI, Faruq Ibnul Haqi menyampaikan, banyak potensi keunggulan berbagai bidang di Jerman yang dapat diimplementasikan di Indonesia. Salah satunya, infrastruktur.

Baca juga : Dukung Airlangga Dan Zaki

“Tantangan infrastruktur di Indonesia seperti transportasi, energi, dan manajemen air dapat dimitigasi dengan keahlian-keahlian para alumni,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Koordinator Luar Negeri Badan Persiapan IAPPI, Fadli Rahman. Menurutnya, Jerman juga menjadi salah satu mitra terbesar perdagangan Indonesia di Uni Eropa.

Baca juga : TC Di Bali, Timnas Senior Dijadwalkan Gelar Uji Coba

Potensi jaringan luas IAPPI, katanya, dapat memaksimalkan proses perdagangan dan investasi antara kedua negara. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense