Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diresmikan Presiden, Menhub Cek Wajah Baru Ruang VVIP Bandara Halim

Rabu, 5 Oktober 2022 13:58 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menemani Presiden Joko Widodo meresmikan revitalisasi fasilitas pangkalan TNI AU Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta, Rabu (5/10).
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menemani Presiden Joko Widodo meresmikan revitalisasi fasilitas pangkalan TNI AU Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta, Rabu (5/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menemani Presiden Joko Widodo meresmikan revitalisasi fasilitas pangkalan TNI AU Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta.

Dalam peresmian itu, Menhub membeberkan wajah baru Pangkalan TNI Angkatan Udara Bandara Halim Perdana Kusuma (Halim PK) usai direvitalisasi beberapa bulan lalu. 

Kata BKS, sapaan Budi Karya Sumadi, revitalisasi Pangkalan TNI AU Halim PK menjadi sesuatu yang wajib. 

Baca juga : Menhub Cek Progres Pembangunan Kereta Cepat Jakarta–Bandung

"Kita tahu Halim ini adalah objek kita dan relatif sebelumnya kurang terawat dengan baik, maka  Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar Bandara Halim direvitalisasi," kata BKS saat tinjau  Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (5/10).

Menurutnya, ada tiga hal pokok yang direvitalisasi di Halim. Yaitu runway, tata kelola air bandara, dan terminal untuk kelas VVIP. 

Dia bilang landasan pacu Halim PK mudah terkelupas karena termakan usia. Tata kelola air juga tidak baik. Tidak terkoordinasi dengan tata air makro dari DKI Jakarta.

Baca juga : Diteriaki Presiden oleh Warga Saat Kunker Di Majalengka, Puan: Alhamdulillah

"Kami lihat pada saat itu tempat di mana presiden dan VVIP yang mestinya itu premium, kurang dapat bisa merepresentasikan bangsa Indonesia yang besar," ungkapnya. 

Karena itu, Jokowi memerintahkan pihaknya untuk merevitalisasi Halim PK. 

"Enam bulan harus selesai. Saya mesti design, mesti cari kontraktor dan sebagainya. Hingga, diberikan alokasi Rp 600 miliar, kita lakukan kegiatan," ucap BKS. 

Baca juga : Tanpa Pengaman, Kakek Panjat Gedung 48 Lantai

Diketahui, Bandara Halim Perdanakusuma dibuka kembali untuk penerbangan komersial mulai Kamis, (1/9) lalu. Sebelumnya, bandara yang berlokasi di Jakarta Timur ini sempat ditutup sejak Januari 2022 untuk revitalisasi. ■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.