BREAKING NEWS
 

3 WNI Terluka di Taiwan Akibat Jembatan Runtuh

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Selasa, 1 Oktober 2019 17:07 WIB
Proses evakuasi pencarian korban yang tertimpa jembatan runtuh terus dilakukan sepanjang Selasa (1/10). (Foto AFP/ Mike Rusk)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jembatan lintas laut Nanfang Ao di Su'ao Yilan, Taiwan, runtuh pada Selasa (1/10). 12 orang dikabarkan luka dalam insiden ini, tiga di antaranya anak buah kapal asal Indonesia. Ketiga ABK ini bekerja di salah satu kapal yang tertimpa puing reruntuhan jembatan.

Pihak medis Yinlan belum mengungkapkan identitas tiga ABK WNI yang dilarikan ke rumah sakit tersebut. Agensi Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan mengonfirmasi ada sedikitnya 12 korban luka, termasuk enam asal Filipina dan tiga WNI.

"Operasi penyelamatan masih berlangsung," ucap tim pemadam kebakaran, dikutip AFP.

Baca juga : Uji Adrenalin di Jembatan Gantung

Jembatan sepanjang 140 meter itu tiba-tiba runtuh di tengah cuaca cerah, dan menimpa sejumlah kapal nelayan serta truk pengangkut minyak. Saat ini, tim penyelamat masih berusaha keras mencari dan menyelamatkan enam orang yang diduga masih terperangkap di bawah reruntuhan.

Adsense

"Kami berharap dapat menyelamatkan semua korban dalam waktu singkat," ujar Presiden Taiwan Tsai Ing-wen kepada awak media.

Menteri Transportasi Taiwan Lin Chia-lung menegaskan pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan.

Baca juga : Hamparan di Temanggung Buktikan Indonesia Siap Swasembada Bawang Putih

Menurutnya, jembatan tersebut masih dapat bertahan hingga 50 tahun ke depan. "Kondisi cuaca terkini, gempa bumi dan beberapa pemeriksaan terdahulu di jembatan tersebut akan kami periksa," tutur Lin.

Beberapa insiden sebelumnya terkait jembatan di Taiwan sebagian besar melibatkan angin topan. Pada 2009, dua jembatan di Taiwan rusak parah usai diterjang Topan Morakot, yang juga menewaskan lebih dari 400 orang.

Taiwan, yang terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik, juga sering dilanda gempa bumi. Gempa terparah di Taiwan adalah yang berkekuatan magnitudo 7,6 di tahun 1999. Kala itu, guncangan menewaskan sekitar 2.400 orang dan menghancurkan puluhan ribu bangunan. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense