BREAKING NEWS
 

Duta Besar India Untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat

Rayain Hut Ke-70 Republik Dua Kali

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Senin, 28 Januari 2019 11:36 WIB
Dubes Pradep Kumar Rawat (kedua kiri) dan Menteri Eko Putro Sandjojo (kiri) didampingi para istri menyalakan lilin perdamaian di perayaan HUT ke-70 India, Jumat (25/1). (Foto : Doc. from Indian Embassy Jakarta).

RM.id  Rakyat Merdeka - Perayaan Hari Nasional India yang ke-70 di Jakarta digelar dua kali. Pertama dilaksanakan di Hotel Westin, Jumat malam (25/1). Kedua, Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat mengadakan upacara bendera di kediamannya di Menteng, Sabtu pagi (26/1). 

Dua upacara itu, menurut Dubes Rawat, sebagai apresiasi atas hubungan baik Indonesia dan India, serta menggambarkan kedekatan hubungan di tingkat grassroot. Hubungan bilateral, lanjut Dubes Rawat, terus meninggat pasca kedatangan Perdana Menteri India ke Indonesia pada Mei 2018.

“Kami berharap hubungan erat India-Indonesia dapat membawa kemitraan bilateral pada pencapaian baru pada 2019,” ujar Dubes Rawat. Dia mencatat, perdagangan dua negara mencapai hampir 20 miliar dolar AS (Rp 281 triliun). 

Baca juga : Buka Forum Farmasi & Kesehatan Kedua Negara

Pada resepsi Jumat malam, perayaan berasa wah karena penataan venue yang megah. Venue dihias kombinasi oranye, putih dan hijau - yang merupakan warna bendera nasional India. Hidangan khas India memanjakan lidah para tamu seperti roti pita, ayam masala, ayam tika dan berbagai manisan khas Negeri Gangga.

Adsense

Hadir Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo sebagai perwakilan dari Pemerintah RI. Eko menyambut baik kemitraan strategis komprehensif India - Indonesia.

Pada kesempatan itu, Eko mengucapkan terima kasih atas bantuan India di berbagai bidang. Dia juga menegaskan komitmen dua negara terhadap kawasan Indo-Pasifik yang lebih baik.

Baca juga : Pulang Kampung Bawa Rendang

Pada Sabtu pagi (26/1), ratusan diaspora India dan sahabat India memadati halaman kediaman Dubes Rawat. Upacara terasa khidmat dengan paduan suara dari anak-anak India yang menyanyikan lagu kebangsaan ‘Jana Gana Mana’ dengan kompak.

Setiap 26 Januari merupakan peringatan Hari Republik. Hari ketika Konstitusi India mulai diberlakukan pada 1950. Konstitusi tersebut menggantikan Government of India Act (Ketetapan Pemerintah India) yang telah ada sejak 1935.

Hari Republik berbeda dengan hari kemerdekaan. Negara yang memiliki ikon Taj Mahal tersebut merdeka dari Inggris pada 15 Agustus 1957. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense