Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Duta Besar Indonesia Untuk Lebanon Achmad Chozin Chumaidy

Pamitan Pada Petinggi Tiga Universitas

Jumat, 28 Desember 2018 11:25 WIB
BERDOA: Dubes Achmad Chozin Chumaidy (kanan) membaca Al-Fatihah bersama petinggi Universitas Tripoli untuk para korban tsunami yang meninggal (Foto: Istimewa)
BERDOA: Dubes Achmad Chozin Chumaidy (kanan) membaca Al-Fatihah bersama petinggi Universitas Tripoli untuk para korban tsunami yang meninggal (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak hanya pamitan kepada pejabat Lebanon, menjelang kepulangannya ke Tanah Air, Duta Besar Indonesia untuk Lebanon Achmad Chozin Chumaidy juga menemui para petinggi universitas. Dia mendatangi tiga kampus. Universitas Tripoli dan Universitas Jinan di Kota Tripoli. Serta Universitas Islam Beirut-Akkar (Darul Fatwa) di Kota Halba, utara Lebanon. 

Kepada rektor masing masing universitas, Dubes Chozin menyampaikan permintaan maaf sekaligus berpamitan. Bagi Dubes Chozin, Lebanon merupakan negara yang penuh kenangan. Dia akan meninggalkan Lebanon pada 31 Desember mendatang.

“Kami ingin berterima kasih kepada Masyaikh yang mulia, atas kerja sama yang telah dibangun antara Indonesia dan Lebanon. Khususnya, di bidang pendidikan antara universitas kedua negara. Kerja sama ini akan terus berlanjut dengan duta besar pengganti saya nanti,” ujar Dubes Chozin dalam keterangan pers kepada Rakyat Merdeka, Kamis (27/12). Masyaikh adalah sebutan untuk ulama Lebanon.

Baca juga : Doakan Korban Tsunami Dalam Perayaan Natal Kota Seoul

Di Universitas Tripoli, Dubes Chozin disambut Ketua Yayasan Mujamma’ al Islaah al Islamiyah Syeikh Rasyid Miqati dan Rektor Universitas Ra’fat Miqaati. Mereka tidak bisa menyembunyikan kebanggaan atas kedatangan Dubes Chozin, sekaligus merasa bersedih karena itu merupakan kunjungan terakhir. 

Rektor Universitas Tripoli juga menyampaikan duka yang mendalam atas musibah tsunami yang melanda Banten dan Selat Sunda. Dalam kesempatan itu, dilakukan doa dengan membacakan surat Al-Fatihah untuk para korban meninggal. Di Universitas Jinan, sekitar dua kilometer dari Universitas Tripoli, Dubes Chozin disambut Ketua Yayasan Jinan, Salim Fathi Yakan, rektor universitas, para dekan fakultas, dan sejumlah dosen.

Salim menyampaikan kebanggaannya dengan kedatangan Dubes Chozin. Seraya mendoakan para korban Tsunami di Banten yang telah menelan ratusan korban dan banyak kerugian. 

Baca juga : Pamitan Kepada Presiden Dan PM Lebanon

“Kami sampaikan duka cita yang mendalam atas musibah yang menimpa saudara saudara kami di Banten dan Selat Sunda,” ujar Salim. Dalam kesempatan itu, Dubes Chozin menerima kenang-kenangan, berupa pakaian kebesaran pendiri kampus Islam ini, almarhum Fathi Yakan, berupa jubah dan songkok.

Perjalanan Dubes Chozin berlanjut ke Universitas Islam Beirut - Akkar yang berada di bawah naungan Darul Fatwa. Dia disambut Ketua Badan Pengurus Waqaf Akkar, Syeikh Malik Judaidah, dan Rektor Universitas yaitu Syeikh Abdurrahman Al-Rifai. Dubes Chozin, menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja samanya dengan Indonesia, khususnya telah menerima mahasiswa Indonesia menuntut ilmu di kampusnya, sebagai kader da’i nantinya.

Pihak kampus menyampaikan, kedatangan para pelajar Indonesia di Akkar mereka anggap sebagai sebuah kehormatan. Tiga kampus yang dikunjungi Dubes Chozin merupakan sebagian dari kampus-kampus yang memberikan beasiswa bagi para mahasiswa Indonesia. Saat ini, 89 mahasiswa Indonesia menimba ilmu di Lebanon, dan semuanya mendapatkan beasiswa. 

Baca juga : Pimpin Tarian Pedang Dalam Perayaan Hari Nasional

Seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatkannya hubungan kerja sama dengan para di Lebanon, jumlah beasiswa semakin meningkat. Selain itu, kerja sama antar kampus di Indonesia dengan kampus di Lebanon juga semakin meningkat. [DAY]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.