BREAKING NEWS
 

Kasus Covid-19 Tanah Air Terus Meroket

Banyak Negara Tutup Pintu Buat Pelancong Indonesia..

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Selasa, 13 Juli 2021 05:19 WIB
Para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hong Kong berkumpul dengan parasahabat ketika hari libur. (Foto : SCMP/ Xiaomei Chen).

 Sebelumnya 
Oman juga melarang penerbangan asal Indonesia ke negaranya mulai 9 Juli 2021. Selain Indonesia, sebanyak 22 negara lainnya masuk dalam daftar yang dilarang. Antara lain, Inggris, Brazil, India, Singapura, Irak, Iran, Nigeria, Libya, Argentina, Kolombia. Kebijakan ini tak berlaku bagi warga negara Oman, diplomat, staf kesehatan, dan keluarga mereka

Sementara Hong Kong sudah melarang penerbangan penumpang dari Indonesia sejak 26 Juni lalu. Keputusan tersebut diambil dikarenakan Hong Kong menempatkan Indonesia sebagai negara berisiko sangat tinggi terkait virus Corona.

Baca juga : Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Karawang, Menaker Ida Titip Pesan Ini

Pemerintah Hong Kong me­nyampaikan, penangguhan penerbangan dilakukan setelah jumlah kasus Covid-19 yang diimpor dari Indonesia melewati ambang batas yang ditetapkan. Melansir Reuters, Hong Kong juga telah melarang kedatangan pelancong dari India, Nepal, Pakistan, dan Filipina.

Pada akhir 2020, Taiwan juga mengumumkan penangguhan sementara penerimaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Pemerintah Taiwan tidak akan mengizinkan masuk para pekerja migran dari Indonesia.

Baca juga : 10 Negara Sahabat Tawarkan Bantuan

Kemudian Arab Saudi, sejak Februari lalu turut melarang penerbangan internasional di tengah pandemi Covid-19. Indonesia masuk dalam daftar 20 negara yang tidak diperkenankan masuk Saudi. Pengecualian berlaku bagi warga Saudi yang akan kembali ke Saudi, diplomat, tenaga kesehatan dan keluarganya.

Namun berbeda dengan Amerika Serikat (AS). Pemerintahan Presiden Joe Biden itu mempo­sisikan kasus Covid-19 di Tanah Air berada di level 3.

Baca juga : Luhut: Kasus Covid Masih Terus Nanjak Sampai 2 Pekan Mendatang

AS telah memperbarui pan­duan perjalanan bagi warganya per awal Juli ini. Level 3 dalam kategori yang dikeluarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) ini berarti, penularan virus Corona di Indonesia tergolong tinggi. Namun, masih ada satu tingkatan paling buruk, yakni level 4. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense