BREAKING NEWS
 

Bertemu Gubernur Prachon, Dubes Rachmat Bahas Revitalisasi Kerja Sama Sister City Yogyakarta Dan Chiang Mai

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Sabtu, 9 Oktober 2021 15:50 WIB
Dubes Rachmat Budiman (kiri) saat melakukan courtesy call kepada Gubernur Chiang Mai Prachon Pratsakul pada Kamis (7/10). (Foto: KBRI Bangkok)

 Sebelumnya 
Secara khusus, Dubes Rachmat menyampaikan informasi penyelenggaraan Trade, Tourism, Investment, & Cultural Forum (TTIC) pada 16-18 September 2022. Forum TTIC ini dapat dimanfaatkan untuk menindaklanjuti upaya revitalisasi kerjasama sister city kedua provinsi.

Ia menyatakan keinginan Indonesia untuk berpartisipasi pada festival tahunan Bo Sang Umbrella Festival di Chiang Mai. Kerja sama ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pariwisata di kedua negara, melainkan juga mendorong keterlibatan pelaku usaha dan industri ekonomi kreatif.

Adsense

Sementara itu Gubernur Prachon Pratsakul menyambut baik upaya dan inisiatif KBRI Bangkok serta mendukung penguatan kerjasama kedua pihak. Situasi pandemi Covid-19 tidak dipungkiri telah menjadi kendala tersendiri.

Namun rencana dan persiapan kolaborasi kedua pihak tetap dapat dipersiapkan sejak dini seiring dengan membaiknya situasi pandemi Covid-19.

Baca juga : Dubes Rachmat Budiman, Genjot Kerja Sama Budaya RI Dan Thailand

Mempertimbangkan catatan panjang kerja sama Chiang Mai dan Yogyakarta, Gubernur Prachon Pratsakul, yang baru menjabat sejak 1 Oktober 2021 juga menyampaikan keinginan untuk berkunjung ke kota pelajar dan budaya tersebut.

Menutup pertemuan, Gubernur Prachon memastikan bahwa dirinya akan senantiasa memberikan perhatian khusus kepada pelajar/mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Chiang Mai dan juga akan meminta universitas di Chiang Mai untuk dapat memperhatikan mahasiswa Indonesia.

Selain bertemu Gubernur Chiang Mai, Dubes Rachmat juga melakukan pertemuan dengan Director of Highland Research and Development Institute Wirat Prapthuk sekaligus meninjau pavilion Indonesia yang berlokasi di Royal Park Rajapruek.

Paviliun Indonesia menempati area seluas 1500 m2 dan menjadi simbol persahabatan antara Indonesia dan Thailand, sekaligus media promosi dan bagian dari penguatan diplomasi kebudayaan dan pendidikan Indonesia khususnya di Thailand utara.

Baca juga : Dubes Rachmat Ajak Thailand Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan, Investasi Dan Pariwisata

Dalam pertemuan tersebut, Dubes Rachmat menginformasikan rencana penyelenggaraan “Indonesian Day” pada tahun 2022 bertempat di Royal Park Rajapruek.

Diharapkan dukungan dan kolaborasi dengan Royal Park agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Indonesian Day akan menampilkan pertunjukan seni budaya, promosi pariwisata dan produk Indonesia serta seminar dan diskusi interaktif terkait isu yang menjadi kepentingan kedua pihak.

Sebelumnya, Indonesian Day pernah dilaksanakan pada tahun 2019 dan mendapat atensi positif dari masyarakat Chiang Mai. Oleh karena itu, Royal Park Rajapruek selaku mitra kerja KBRI Bangkok akan senantiasa berkoordinasi dan melakukan komunikasi lebih lanjut untuk persiapan kegiatan tersebut, seiring memperhatian perkembangan situasi pandemi.

Pada kesempatan itu, Direktur Royal Park Rajapruek menyampaikan harapannya agar pavilion Indonesia juga diperkaya dengan beberapa tanaman khas Indonesia seperti salak dan pohon pisang hias.

Baca juga : Sister City Bangkok-Jakarta Siap Dilanjutkan Setelah Pandemi

Mengakhiri kunjungan kerja ke Provinsi Chiang Mai, Dubes Rachmat juga mengadakan pertemuan dengan pelajar/mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Chiang Mai pada Sabtu (9/10) ini untuk memastikan bahwa pelayanan dan perlindungan atas seluruh Warga Negara Indonesia benar-benar berjalan secara baik.[SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense