Dark/Light Mode

Dubes Rachmat Bertemu Gubernur Kwanmuang

Sister City Bangkok-Jakarta Siap Dilanjutkan Setelah Pandemi

Selasa, 14 September 2021 20:36 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman (kiri) bertemu Gubernur Bangkok Aswin Kwanmuang, di Kantor Bangkok Metropolitan Administration, Selasa (14/9). (Foto: KBRI Bangkok)
Duta Besar Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman (kiri) bertemu Gubernur Bangkok Aswin Kwanmuang, di Kantor Bangkok Metropolitan Administration, Selasa (14/9). (Foto: KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi Bangkok siap melanjutkan berbagai kegiatan dalam implementasi Sister City Bangkok-Jakarta setelah pandemi berakhir. Kesiapan ini disampaikan Gubernur Bangkok Aswin Kwanmuang saat menerima courtesy call Duta Besar Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman, di Kantor Bangkok Metropolitan Administration (BMA), Selasa (14/9).
 
Duta Besar Rachmat Budiman dan Gubernur Aswin Kwanmuang membahas kerja sama Sister City antara Jakarta dan Bangkok yang telah ditandatangani sejak 2001. Pandemi Covid-19 berdampak pada berhentinya sejumlah kegiatan implementasi kerja sama tersebut. Setelah pandemi berakhir, Jakarta dan Bangkok harus segera melaksanakan kegiatan bersama sebagai implementasi konkret kerja sama Sister City tersebut, termasuk rencana kunjungan resmi Gubernur Bangkok ke Jakarta.
 
"Pertemuan juga membahas kemungkinan penambahan area kerja sama MoU Sister City yang lebih luas di bidang-bidang yang menjadi kepentingan bersama," demikian keterangan pers KBRI Bangkok, Selasa (14/9). 
 
Dubes Rachmat dan Gubernur Kwanmuang juga menyepakati untuk segera merealisasikan program pertukaran pelajar (student exchange) Bangkok-Jakarta. Program student exchange ini rencananya dilaksanakan pada 2020, namun tertunda karena pandemi Covid-19. Diharapkan pada 2022, Bangkok-Jakarta akan segera saling mengirimkan pelajar masing-masing untuk berinteraksi dan belajar di sekolah dan komunitas yang ditentukan. 
 
Rachmat Budiman juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan program vaksinasi yang dilakukan Pemerintah Thailand kepada masyarakat asing, termasuk WNI di Thailand. Program vaksinasi ini merupakan salah satu faktor penting dalam memastikan keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 melalui pencapaian herd immunity
 
Rachmat juga menyampaikan rencana kegiatan promosi Indonesian Trade, Tourism, and Investment (TTI) Forum pada 2022 di Bangkok. Dia mengharapkan dukungan dan kerja sama Pemprov Bangkok bagi keberhasilan kegiatan tersebut yang diharapkan akan memperkuat kerja sama Indonesia dan Thailand, khususnya DKI Jakarta dan Bangkok. Kesiapan dukungan yang diberikan Gubernur Kwanmuang dalam pelaksanaan kegiatan promosi Indonesia di Bangkok mencerminkan hubungan bilateral yang kuat dan solid antara Indonesia dan Thailand. 
 
Kegiatan yang direncanakan tersebut juga diharapkan akan semakin meningkatkan kerja sama ekonomi dan bisnis serta people-to-people contact. Kegiatan ini juga diharapkan dapat semakin memperkuat rasa persaudaraan dan saling pemahaman antara masyarakat kedua negara selain memperkuat kehadiran Indonesia di Thailand. [DAY]