BREAKING NEWS
 

Fenomena Baru Imigran Muslim Di Negara Barat (2)

Minggu, 23 Januari 2022 06:52 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Di negara menjadi tujuan imigran muslim telah lahir generasi kedua mereka yang tetap beragama Islam (the western-born and the second-generation muslim).

Dari manapun dan di manapun komunitas Islam itu berada, selalu menciptakan lingkungan sosial unik, karena mereka memiliki simbol-simbol perekat (melting pot) berupa mesjid, halal food, pendidikan dasar keagamaan untuk anak-anak mereka, dan majelis taklim untuk para orang tua.

Baca juga : Fenomena Baru Imigran Muslim Di Negara Barat (1)

Dari satu sisi, keterikatannya dengan negara asal sangat kuat karena tokoh-tokoh keagamaan kharismatik dari negerinya tetap dijalin. Bahkan secara periodik tokoh spiritual itu didatangkan ke negeri baru ini untuk memberikan pencerahan.

Pada sisi lain, generasi kedua muslim ini dituntut oleh negeri baru ini untuk memberikan loyalitas penuh sebagaimana halnya warga lainnya yang lahir di negeri tersebut.

Adsense

Baca juga : Membaca Kecenderungan Migrasi Muslim (2)

Dilema muncul karena secara emosional dan spiritual warga muslim masih tetap terikat dengan negeri asal, tetapi secara hukum ketatanegaraan setempat mengharuskan mereka sepenuhnya loyal kepada negaranya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense