Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Membaca Kecenderungan Migrasi Muslim (2)

Jumat, 21 Januari 2022 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Nabi sangat tegas dalam hal ini, sebagaimana dapat dilihat dalam hadis shahih yang diriwayatkan oleh Safwan ibn Sulaiman, bahwa Nabi pernah bersabda:

“Barang siapa yang mendzalimi orang-orang yang menjalin perjanjian damai (mu’ahhad) atau melecehkan mereka, atau membebaninya sesuatu di luar kesanggupannya, atau mengambil hartanya tanpa persetujuannya, maka saya akan menjadi lawannya nanti di Hari Kemudian” (HR Bukhari-Muslim).

Baca juga : Membaca Kecenderungan Migrasi Muslim (1)

Warga non muslim dalam lintasan sejarah di Timur-Tengah bisa berinteraksi dengan saudara-saudaranya yang muslim dalam berbagai bidang. Mereka bisa melakukan interaksi bisnis satu sama lain sebagaimana dilakukan kelompok Yahudi dan Nasrani di Madinah.

Warga non muslim di masa Nabi tidak pernah merasa menjadi warga kelas dua. Mereka bisa menjumpai Nabi dan keluarganya kapan pun dan di manapun. Nabi tidak pernah menggeneralisir para warga non muslim yang sering memerangi Nabi dengan warga non muslim yang menjalin perjanjian damai dan hidup terlindungi dalam otoritas wilayah muslim.

Baca juga : Fastabiqul Khairat (2)

Yang paling penting bagi kita semua, bagaimana kearifan Nabi ini bisa diikuti oleh semua pihak. Nabi Muhammad SAW, tokoh yang sering disebut lahir jauh melampaui kurun waktunya ini, betul-betul menarik dikaji.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.