Dark/Light Mode

Mengapa Islam Cepat Mengglobal? (4)

Islam Agama Terbuka (2)

Minggu, 16 Januari 2022 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kata ummah sebagai nama sebuah komunitas masyarakat pertama kali dipopulerkan oleh Nabi Muhammad SAW di kawasan jazirah Arab.

Secara semantik, kata ummah terabadikan dalam sejarah sebagai sebuah komunitas masyarakat yang dihimpun oleh ikatan kasih sayang yang amat dalam dan luhur, memiliki visi kemanusiaan yang berorientasi masa depan, di bawah sosok pemimpin berwibawa dan disegani, dengan makmum dan rakyat yang santun tapi kritis, dan dengan sistem yang kepemimpinan yang ideal. Bangunan masyarakat yang seperti itulah disebut dengan ummah.

Baca juga : Islam Agama Terbuka (1)

Jika kurang salah satu di antara lima komponen tersebut, maka tidak bisa disebut ummah. Jika suatu komunitas mengacu kepada sebuah asas yang lebih subyektif disebut dalam Al-Qur’an dengan golongan (hizb/QS Al-Mu’minun/23:52).

Jika komunitas tersebut mengacu kepada ikatan primordial kebangsaan disebut sya’b (QS Al-Hujurat/49:13). Jika komunitas itu mengacu kepada suku, disebut qabilah (QS Al-Hujurat/49:13), atau komunitas tanpa idealisme dan ideologi disebut qaum (QS Al-Nisa’/4:89).

Baca juga : Islam Sebagai Agama Moderat (2)

Jenis-jenis komunitas tersebut di atas diakui keberadaannya dalam Al-Qur’an, seperti yang bisa kita lihat di dalam ayat sebagai berikut:

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kalian.” (QS al-Hujurat/49:13).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.