BREAKING NEWS
 

Renungan Ramadan (10)

Memahami Bahasa Proaktif (1)

Sabtu, 23 April 2022 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Orang-orang proaktif bisa dikenali melalui bahasa yang digunakannya. Orang-orang proaktif tidak pernah frustrasi dan putus asa, namun tidak pernah kelihatan over confident.

Sering terucap dimulutnya kalimat-kalimat optimistic tetapi tawadhu, seperti kata: “Insya Allah saya harus bisa”. Satu sisi, ia penuh keyakinan dan rasa percaya diri, tetapi pada sisi lain ia tetap percaya kepada Allah Swt sebagai Tuhan Yang Maha Kuasa. Ia dapat mengendalikan perasaannya sehingga tidak pernah tampak sesuatu yang berlebihan pada dirinya.

Adsense

Baca juga : Budaya Reaktif (2)

Ia tidak pernah menunjukkan marah berlebihan seperti meledakkan emosi, namun tidak pernah juga hanyut dan mabuk dengan kegembiraan. Sepertinya selalu sikap dan perbuatannya selalu terukur dan terkontrol. Ia jarang menyesal karena setiap perbuatannya penuh kepasrahan.

Orang-orang proaktif terbiasa menjadi pendengar aktif. Mau pendengar dengan penuh empati kepada orang lain tanpa memanjakannya dengan pelayanan berlebihan. Ia tidak pernah berkecil hati menghadapi orang-orang yang sering menjadi trouble maker tetapi selalu berusaha mengendalikannya dengan kearifan.

Baca juga : Budaya Reaktif (1)

Ia bisa meyakinkan orang itu dengan caranya sendiri sehingga tidak menimbulkan masalah lebih luas. Ia mampu memberikan respons yang terokur kepada orang lain sehingga siapapun lebih senang curhat kepadanya. Jika orang sudah mulai curhat maka orang itu sudah mulai berubah. Apalagi jika ia menunjukkan tanda-tanda penyesalan yang mendalam terhadap peristiwa yang pernah dialaminya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense