BREAKING NEWS
 

Rekonsolidasi Strategi Kebudayaan Nasional (35)

Pengalaman Amerika Serikat (1)

Selasa, 17 Januari 2023 06:16 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Amerika Serikat (AS) yang kita kenal sebagai salah satu negara adidaya tidak langsung menjadi seperti sekarang. AS mempunyai pengalaman panjang hingga menjadi seperti sekarang. Berawal ketika Christopher Columbus berhasil mencapai Amerika pada tahun 1492.

Jauh sebelumnya sudah ada sejumlah negara besar di Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Meskipun AS sejarahnya relatif baru tetapi cepat sekali berkembang sampai melampaui perkembangan negara-negara yang pernah menjajahnya.

Sejarah AS sesungguhnya hanyalah sejarah tidak lebih 3 abad lalu, terutama setelah migrasi besar-besaran warga Inggris, Perancis, Spanyol, Belanda, dan Jerman ke AS.

Baca juga : Mencermati Isu Pribumisasi Islam

Sebelum koloni Barat ini datang sesungguhnya Amerika sudah dihuni oleh penduduk yang berasal dari Asia sekitar 15.000 tahun yang lalu. Kota paling awal popular di AS ialah kota Virginia, khususnya kota Jamestown, yang pertama kali dihuni oleh koloni Inggeris dalam tahun 1607.

Otoritas AS mulai terlihat ketika Inggris menetapkan pajak baru, yang dianggap tidak adil dan inkonstitusional bagi rakyat Amerika karena mereka tidak terwakili di Parlemen, sementara hasil negerinya dikuras. Protes yang berujung pada perang menuntut kebebasan dan kemerdekaan pada bulan April 1775, yang lebih dikenal dengan Revolusi Amerika.

Revolusi AS berujung pada sebuah kemerdekaan dari Kerajaan Britania Raya pada tanggal 4 Juli 1776. Peran tokoh legendaris Jenderal George Washington tak dapat dilupakan. Karena kegigihannya, maka perdamaian disepakati pada tahun 1783. Sebanyak 13 negara bersatu di bawah pemerintah federal yang ditetapkan melalui Pasal-Pasal Konfederasi.

Baca juga : Membenahi Kurikulum

Pemerintahan dengan konstitusi baru yang ditetapkan pada tahun 1789 sekaligus menjadi dasar bagi pemerintah federal Amerika Serikat dan George Washington sendiri sebagai Presiden pertama. AS terus berkembang.

Adsense

Di bawah dukungan tokoh demokrasi Jefferson dan Jackson, AS wilayahnya semakin meluas. Sejumlah kota dan wilayah dibeli termasuk Louisiana, Oregon, dan California.

Setelah tahun 1850, pemerintahan AS semakin kuat, terutama melalui penguatan hak-hak sipilnya. Isu simpatik yang diusung pemerintahan awal AS ialah pembebasan terhadap para budak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense