Dark/Light Mode

Rekonsolidasi Strategi Kebudayaan Nasional (33)

Membenahi Kurikulum

Minggu, 15 Januari 2023 06:09 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada teori mengatakan, kualitas manusia dapat diorder melalui kurikulum. Dengan demikian, umat seperti apa yang dikehendaki di masa depan juga dapat diorder melalui kurikulum.

Sedemikian penting arti kurikulum menurut teori ini, menempatkan kurikulum seperti "lauh almahfudh", semacam konsep blue print dari sebuah gagasan yang diharapkan. Jika kurikulum itu ideal dari berbagai sudut pandang, maka idealnya juga akan melahirkan generasi baru yang lebih perfect.

Baca juga : Menyiapkan Strategi Budaya Umat

Sebaliknya, jika sebuah kurikulum amburadul, apalagi tidak didukung dengan perangkat pendukung yang siap, maka bisa dibayangkan pula apa yang akan terjadi dengan umat masa depan.

Memang banyak negara yang tidak memiliki keahlian merancang kurikulum tetapi para peserta didik dan seluruh pihak yang terlibat di dalam dunia pendidikan mereka didasari oleh kesadaran bahwa dunia pendidikan harus dilakukan sebagai sesuatu yang luhur, dengan niat yang baik, dengan motifasi yang kuat, dan tentunya dengan harapan yang ideal.

Baca juga : Mencermati Fenomena Desunninisasi Umat Islam Indonesia

Keluhuran niat dan kesungguhan di dalam mengelola dunia pendidikan bisa juga melahirkan kejutan dengan terwujudnya generasi umat yang menakjubkan. Mungkin kita bisa menunjuk con toh beberapa negara atau bangsa dalam lintasan sejarah berhasil menjadi bangsa yang kuat berkat kesuksesan dunia pendidikan negara tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.