BREAKING NEWS
 

Membaca Ulang Al-Qur'an (14):

Makna Iqra’ Keempat (2)

Selasa, 4 April 2023 06:22 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Ayat ini tidak menggunakan kata al-ththahirun tetapi al-muthahharun dengan menggunakan tasydid, mengandung pengertian pembersihan intensif berkelanjutan. Bentuk kata ini juga mengisyaratkan Allah SWT yang lebih proaktif untuk membersihkan dan mennyucikan.

Ketika Allah SWT menunjuk Nabi Muhammad SAW sebagai salah seorang yang mendapatkan karunia khusus berupa akses Iqra' keempat, ia pun diisyaratkan agar senantiasa menyucikan diri, sebagaimana dalam firman-Nya: Hai orang yang berkemul (selimut dan tidur di tempat tidur), bangunlah, lalu berilah peringatan, Bersihkanlah pakaianmu. Tinggalkanlah perbuatan dosa, janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak, dan bersabarlah demi Tuhan-mu. (Q.S. al-Muddatsir/74:9-10).

Baca juga : Makna Iqra’ Keempat (1)

Kalangan ulama tasawuf (isyari) menjelaskan bahwa kata fa tsiyabaka fa thahhir (bersihkanlah pakaianmu), bukan pakaian yang membungkus badan tetapi badan itu sendiri sebagai pembungkus organ spiritual manusia seperti kalbu, jiwa, dan roh manusia.

Adsense

Pakaian (al-tsiyab) di sini diartikan badan karena isyarat penyuciannya dengan cara meninggalkan dosa dan memberi dengan maksud meraih balasan lebih besar. Untuk melaksanakan penyucian ini diperlukan kesabaran dan keikhlasan.

Baca juga : Makna Iqra’ Ketiga

Orang-orang khusus yang telah mengikuti persyaratan dijanjikan Allah SWT untuk mengakses kesadaran keilmuan istimewa ini sebagaimana disebutkan dalam ayat: Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang gaib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lohmahfuz). (Q.S. al-An’am/6:59).

Dalam ayat tersebut Allah SWT menyatakan Dia sendiri memegang kunci-kunci rahasia kegaiban, tetapi dalam hadis pernah diisyaratkan bahwa orang-orang tertentu yang menjadi pilihannya akan diberikan kemampuan "menggunakan mata Allah untuk melihat dan telinga Allah untuk mendengar".
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense