Dark/Light Mode

Membaca Ulang Al-Qur’an (13)

Makna Iqra’ Keempat (1)

Senin, 3 April 2023 06:04 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam pembahasan Iqra’ ketiga dibahas tentang makna isyari Al-Qur'an, yang penekanannya pada how to understand atau how to realize, yakni bagaimana memahami dan sekaligus merealisasikan makna dan kandungan Al-Qur'an, namun masih dalam batas menggunakan kecerdasan internal manusia, seperti kekuatan kecerdasan reason (akal) dan intellectual (jiwa) manusia.

Level Iqra' keempat ini sudah berusaha untuk memahami makna-makna halus dan abstrak Al-Qur’an (lathaif al-Qur’an).

Baca juga : Makna Iqra’ Ketiga

Upaya mengakses level ini tidak cukup dengan mengandalkan kecerdasan internal, tetapi sudah mengandalkan kecerdasan eksternal atau supra kesadaran manusia.

Dalam literatur tasawuf, kecerdasan eksternal ini sering disebut dengan "pengetahuan keilahian" (Divine Knowledge) atau dalam literatur filsafat sering disebut dengan acquiring knowledge, yakni pengetahuan yang datang melesat di dalam benak seseorang tanpa melalui proses belajar-mengajar secara konvensional.

Baca juga : Makna Iqra’ Pertama

Pengetahuan seperti ini sering disebut atau dihubungkan dengan ilham, yakni kecerdasan yang diberikan Allah SWT kepada hamba pilihan-Nya.

Iqra' keempat sesungguhnya merupakan kelanjutan kesadaran yang pernah dicapai di dalam iqra'-iqra' sebelumnya. Rahasia pengulangan iqra' mengisyaratkan perlunya kita menyadari bahwa kesadaran itu bertingkat-tingkat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.