Dark/Light Mode

Membaca Ulang Al-Qur’an (7)

Teomorfisme Al-Qur’an (2)

Rabu, 29 Maret 2023 06:59 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran Al-Qur’an bukti paling besar kepemihakan Tuhan kepada manusia. Makhluk lainnya cukup dituntun oleh hukum alam (sunnah Allah/natural law), tetapi manusia ditambahkan sebuah special direction bernama Al-Qur’an.

Allah Maha Tahu kalau manusia diciptakan sebagai makhluk paling cerdas, tetapi tidak berarti tidak memiliki kekurangan dan kelemahan. Manusia memang cerdas tetapi pelupa. Manusia dikarunia akal tetapi suka mabuk.

Baca juga : Teomorfisme Al-Qur’an (1)

Manusia dilukiskan sebagai ahsan taqwim tetapi juga sering dilukiskan menjadi asfala safilin. Dengan mempertimbangkan kelemahan dan dengan mengingat amanah yang diembannya begitu besar maka Allah SWT memberikan ektra directions untuk memudahkan manusia menjalani double capacity-nya sebagai hamba dan sekaligus khalifah di bumi.

Tidak cukup hanya dengan Al-Qur’an, Allah SWT pun menyempurnakan hidayah besarnya kepada umat manusia dengan mengutus nabi dan rasul untuk memberikan penjelasan (mubayyan) terhadap wahyu.

Baca juga : Antara Makna Eksoterik Dan Esoterik Al-Qur’an

Penjelasan dan keterangan yang dilakukan Nabi terhadap Al-Qur’an dianggap merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ajaran Al-Qur’an itu sendiri. Tidak boleh menerima wahyu tetapi menolak al-sunnah/hadis. Antara keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan satu sama lain.

Keberadaan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manisia memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda-beda satu sama lain. Ada yang memahami Al-Qur’an secara standar, sebagaimana tertera di dalam Al-Qur’an dan dibantu dengan terjemahannya, sebagai mana marak di pasaran sekarang ini. Sebagian lagi sudah masuk ke wilayah makna batin atau makna esoris di dalam Al-Qur’an. Yang lainnya dalam jumlah terbatas sudah mampu memetik makna dan tujuan yang dekat.

Baca juga : Struktur Makna Esoterik Al-Qur’an

Al-Qur’an sebagai pedoman hidup memang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, namun kehadirannya dapat dirasakan di dalam hati setiap orang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.