Dark/Light Mode

Membaca Ulang Al-Qur'an (11)

Makna Iqra’ Ketiga

Minggu, 2 April 2023 06:06 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika pada Iqra’ kedua menekankan makna harfiah atau makna literer, maka makna Iqra’ ketiga ini lebih mendalam lagi, yaitu bagaimana memahami makna yang tersirat di dalam teks.

Pemahaman dalam level ini sudah memasuki kesadaran emosional, yakni bagaimana menghayati dan merasakan secara emosional kedalaman makna ayat-ayat Al-Qur’an.

Baca juga : Makna Iqra’ Pertama

Diharapkan orang-orang yang sudah berada dalam level ini sudah memahami makna Isyarah Al-Qur’an secara komprehensif. Bahkan diharapkan bukan saja memahami tetapi sudah mampu merasakan fibrasi energi ayat demi ayat Al-Qur’an.

Dalam level Iqra’ ketiga, bukan hanya sang qari’ mencintai Al-Qur’an tetapi yang bersangkutan sudah merasakan fibrasi cinta Al-Qur’an di dalam dirinya.

Baca juga : Rahasia Pengulangan Iqra'

Dengan demikian, antara sang qari’ dan maqru’ sudah saling mencintai satu sama lain. Ia merasakan kerinduan mendalam terhadap Al-Qur’an. Seolah-olah jika sehari tidak membaca Al-Qur’an ada sesuatu yang kurang di dalam dirinya. Cintanya terhadap Al-Qur’an termanifestasi di dalam suasana jiwa, pikiran, dan prilaku sehari-hari.

Bagi orang yang berada di dalam level Iqra’ ketiga, sudah memiliki kemudahan untuk mengakses sentuhan-sentuhan lembut (lathaif) Al-Qur’an. Ia seolah-olah merasa ada sosok yang senantiasa membimbing sehingga mampu merasakan makna batin dan spiritual Al-Qur’an.

Baca juga : Memahami Makna Esoterik Al-Qur’an

Pengalaman spiritual yang bersangkutan seperti merasa dibimbing langsung oleh Rasulullah SAW atau Allah SWT secara langsung meletakkan pemahaman di dalam benaknya tentang makna spiritual ayat-ayat yang dibaca. Dalam tradisi tasawuf, inspirasi cerdas yang tiba-tiba muncul di dalam batin disebut ilham (acquiring knowledge).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.