BREAKING NEWS
 

Teosofi Haji Dan Umrah (6)

Memori Adam di Surga

Senin, 20 Mei 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Drama kosmik yang melibatkan pemeran utamanya lintas makhuk, yaitu makhluk bilologis, semi biologis, makhluk spiritual, dan semi spiritual, dengan lokasi antar planet, yakni dunia metafisik (untuk menghindari konotasi negatif 'dunia gaib') dan dunia nyata di alam raya, yakni di bumi ini. Dengan demikian, ibadah haji adalah ibadah makhluk makrokosmos dan makhluk mikrokosmos. Ibadah haji mempertemukan antara berbagai jenis alam dan makhluk Allah SWT.

Baca juga : Haji Sebagai Drama Kosmos

Kejatuhan manusia dari surga ke bumi tidak perlu diratapi, bahkan sepantasnya disyukuri, karena seandainya Adam dan Hawa tidak turun ke bumi maka populasi manusia tidak berkembang, karena di surga tidak dirancang untuk beranak pinak. Tantangan manusia, anak cucu Adam ialah bagaimana menemukan jalan kembali ke kampung halaman pertamanya di surga.

Baca juga : Iblis Dan Malaikat Penguji Iman

Di sinilah arti penting ibadah haji, untuk menemukan roadmap menuju surga. Manusia jatuh (tanazul) dari langit ke bumi dan tantangannya bagaimana menempuh roadmap itu untuk menemukan kampung halaman utamanya di surga.

Baca juga : Perbedaan Antara `Alin dan Istikbar

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 15, edisi Senin, 20 Mei 2024 dengan judul "Teosofi Haji Dan Umrah (6) Memori Adam di Surga"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense