Dark/Light Mode

Teosofi Haji Dan Umrah (3)

Perbedaan Antara `Alin dan Istikbar

Jumat, 17 Mei 2024 05:42 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam artikel terdahulu dinyatakan bahwa malaikat dijatuhkan dari ”Arasy ke Baitul Ma’mur karena memper­tanyakan kebijakan Tuhan tentang rencana penciptaan Adam dan meng­klaim diri sebagai ahli ibadah.

Namun, malaikat menyadari kekhilafannya dan mengikuti perintah Tuhannya untuk sujud kepada Adam. Sikap malaikat disebut ”tinggi hati” (’alin). Berbeda dengan Iblis yang juga memerotes kebijakan Tuhan dan tidak mau sujud kepada Adam dengan alasan mereka berasal dari api dan manusia dari tanah yang kotor, sebagaimana diungkap­kan dalam ayat: Iblis berkata: “Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah”. (Q.S. Shad/38:76).

Baca juga : Prediksi Malaikat Benar

Sikap Iblis di samping membanggakan dirinya sebagai makhluk lebih baik dari Adam bahkan cenderung menghinanya, juga tidak mau sujud kepada Adam. Inilah yang menye­babkan Iblis dilaknat dan dianggap makhluk yang sombong (istikbar).

Ia sama sekali tidak menyatakan penyesalan diri terhadap kesombongan dan pembangkangan dirinya kepada Tuhan untuk sujud kepada Adam. Akibatnya ia jatuh dari ’Arasy ke tempat paling bawah, yaitu di neraka. Kutukan dan kejatuhan Iblis ke lem­bah neraka ini membuat Iblis semakin dendam kepada manusia dan beru­saha untuk menjatuhkan manusia ke lembah neraka seperti dirinya hingga akhir zaman.

Baca juga : Bermula Dari Interupsi Malaikat

Sebetulnya, interupsi malaikat dan pembangkangan Iblis bisa juga dihubungkan dengan sebuah pertanyaan, mengapa manusia si pendatang baru dengan berbagai kelemahannya sebagaimana disebutkan di dalam ayat-ayat terdahulu, ditunjuk sebagai khalifah, representasi atau pengganti Tuhan di dalam mengelola alam se­mesta ini. Tersirat sebuah pemahaman yang mempertanyakan mengapa bukan dirinya ditunjuk sebagai khali­fah di bumi. Manusia dengan segala kelemahannya malah yang ditunjuk sebagai khalifah, sementara substansi dirinya dianggap bukan saja lebih mulia dari Adam tetapi juga Adam memiliki banyak kelemahan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.