Dark/Light Mode

Teosofi Haji Dan Umrah (4)

Iblis Dan Malaikat Penguji Iman

Sabtu, 18 Mei 2024 05:45 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran iblis bukan sebagai musuh Allah SWT. Mana mungkin ada makhluk berani memusuhi atau dimusuhi Allah SWT. Kehadiran Iblis dapat dimaknai sebagai manifestasi keberadaan salahsatu nama Allah SWT yang diabadikan di dalam al-Asma’ al-Husna, yakni al-Mudhil (Maha Menyesatkan).

Kehadiran Iblis dan para follower-nya menjadi bukti bahwa Allah SWT bukan sekedar sebagai Maha Menyesatkan. Tanpa ada mereka sulit difahami Allah SWT sebagai Maha Menyesatkan. Sama dengan malaikat, kehadirannya untuk menjadi bukti bahwa Allah SWT Maha Pemberi Petunjuk (al-Hadi), yang juga menjadi salahsatu nama-Nya yang diabadikan di dalam al-Asma’ al-Husna.

Baca juga : Perbedaan Antara `Alin dan Istikbar

Keberadaan sejumlah nama Allah SWT yang berhadap-hadapan satu sama lain menjadi bukti bahwa Dia Maha Mutlak. Dia Maha Berkuasa terhadap segala hal, termasuk yang berkebalikan satu sama lain. Dia Maha Dhahir dengan segala kebatinan-Nya, Dia Maha Jauh dengan segala kedekatan-Nya, Dia Maha Menghidupkan dan Dia Maha Mematikan, Dia Maha Agung dengan segala kelembutan-Nya. Dia Maha Maskulin dengan segala feminitas-Nya dan Dia Maha Feminin dengan segala Maskulinitas-Nya.

Keberadaan iblis dan malaikat paralel dengan keberadaan neraka dan surga. Tanpa neraka sulit membayangkan nikmatnya surga dan tanpa surga sulit membayangkan pedihnya neraka. Bisa dibayangkan, jika sejak awal kita hidup di lingkungan neraka, misalnya di rahim ibu neraka, di dunia neraka, di liang lahat neraka, dan di akhirat neraka, tanpa ada surga sebagai pembanding, maka mungkin neraka tidak terasa neraka.

Baca juga : Prediksi Malaikat Benar

Demikian pula sebaliknya, jika sejarah perjalanan anak manusia mulai di rahim ibu, di dunia, di kuburan, dan di akhirat hanya ada surga tanpa ada neraka sebagai pembanding, maka mungkin surga tidak terasa surga karena tidak ada pembanding. Tidak ada siang tanpa ada malam dan tidak ada malam tanpa ada siang. Tidak bisa kita merasakan nikmatnya sehat tanpa pernah merasa sakit.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.