Dark/Light Mode

Teosofi Haji Dan Umrah (5)

Haji Sebagai Drama Kosmos

Minggu, 19 Mei 2024 06:16 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Peristiwa haji dan umrah sesungguhnya merupakan napak tilas drama kosmos. Sebuah peristiwa yang amat monumental menceritakan kisah jatuh­nya anak manusia dari langit surga ke bumi penderitaan.

Ibadah haji betul-bet­ul sebagai sebuah drama yang disutrada­rai oleh Allah SWT dengan menampilkan artis pemeran utama yakni Adam dan Hawa serta pemeran pembantunya malaikat dan iblis, dengan mengambil lokasi di ‘Arasy, istana Tuhan, Baitul Makmur, dan planet bumi.

Baca juga : Iblis Dan Malaikat Penguji Iman

Drama kosmos ini berawal ketika Allah SWT mendeklarasikan keinginannya untuk menciptakan pendatang baru Bernama Adam dan sekaligus akan menjadi khalifah Tuhan di bumi. Setelah itu maka langsung malaikat mempertanyakan rencana Tuhan itu dengan mengatakan apakah Allah SWT akan menciptakan manusia yang kelak akan merusak alam dan menyebabkan pertumpahan darah, sementara itu ia juga menyatakan dirinya sebagai ahli ibadah yang tak pernah melang­gar perintah Tuhan.

Peristiwa ini dikisahkan dalam ayat: Ingatlah ke­tika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpah­kan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?” Tuhan berfir­man: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. (Q.S. Al-Baqarah/2:30).

Baca juga : Perbedaan Antara `Alin dan Istikbar

Setelah itu Allah SWT menjawab dengan terkesan kurang senang den­gan mengatakan: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu keta­hui”. Menyadari situasi itu maka para malaikat menyatakan penyesalannya dengan melakukan thawaf memutari istana Tuhan, ‘Arasy selama berhari-hari. Akhirnya Tuhan menciptakan Baitul Makmur di bawah ‘Arasy lalu malaikat diminta untuk pindah ke alam baru itu. Di situlah Adam dan Hawa ikut juga melakukan thawaf Bersama para malaikat. Jadi, thawaf adalah ibadah formal malaikat dan manusia paling tua.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.