BREAKING NEWS
 

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (31)

Kewajiban Menegakkan Keadilan (1)

Jumat, 6 November 2020 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dari Anas bin Malik, bahwasannya nabi bersabda: Umat ini akan senantiasa dalam kebajikan, jika berucap ia benar, dan jika memutuskan perkara (memerintah) ia adil; dan jika dimintai kasih sayang ia pun memberikan kasih sayang. (HR Tabrani, Al-Mu’jam Al-Ausat, Jilid 1, halaman 243).

Dalam hadis lain dikatakan, dari Abu Hurairah mengatakan, Nabi bersabda: Seorang pemimpin yang berlaku adil sehari saja pada rakyatnya jauh lebih baik daripada ibadah seorang abid (ahli ibadah) 100 tahun di tengah keluarganya, atau 50 tahun. (HR Al-Harits bin Abi Usamah/Nuruddin Al-Haitsami, Musnad Al-Harits/Zawaid Al Haitsami, Jilid 2, halamam 626).

Baca juga : Memelihara Persatuan Dan Kesatuan (2)

Sebagian ulama mengatakan bahwa hadis ini sanadnya lemah karena adanya seorang Tabi’in yang tidak diketahui. Dari abdullah Ibnu Amru, nabi bersabda: “Sesungguhnya orang-orang yang berlaku adil di dunia akan berada di atas mimbar yang terbuat dari berlian di hari kiamat di hadapan Allah disebabkan keadilannya ketika di dunia. (HR riwayat Al Hakim, Al-Mustadrak, Jilid 4, halaman 100).

Adsense

Dalam hadis lain berasal dari Abdullah Ibnu Amru Ibnu Ash berkata: Nabi bersabda: Sesungguhnya orang-orang yang berlaku adil di sisi allah akan berada di atas mimbar yang bercahaya di sebelah kanan Allah, orang-orang yang senantiasa berlaku adil dalam keputusannya dan keluarganya, dan apa yang mereka pangku (tanggung jawabi). (HR Muslim, Sahih Muslim, Jilid 6, halaman 7).

Baca juga : Memelihara Persatuan Dan Kesatuan (1)

Dari Auf Ibnu Malik, Nabi bersabda: Jika kamu mau aku kabari tentang ke kuasaan (pemerintahan). Mereka mengatakan: manakah itu wahai baginda Nabi. Nabi bersabda: awalnya adalah cercaan, kedua adalah penyesalan; dan yang ketiga adalah siksaan pada hari kiamat kecuali bagi yang berlaku adil. (HR Tabrani, Al Mu’jam Al-ausat, Jilid 7, halaman 26).

Dari Aisyah, Nabi bersabda: apakah engkau sekalian tahu siapakah yang paling pertama mendapatkan naungan Allah di hari kiamat. Mereka menjawab: Allah dan Rasul-Nya yang paling tahu.

Baca juga : Bela Negara Dan CintaTanah Air (2)

Nabi mengatakan: orang-orang yang jika diberi kebajikan mereka terima, dan jika mereka dimintai, mereka memberi; dan mereka yang memutuskan perkara kepada orang lain dengan keputusan yang sama untuk dirinya. (HR riwayat Ahmad, Al-Musnad, Jilid 6. halaman 69).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense