BREAKING NEWS
 

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (54)

Antara Politik Islam Dan Islam Politik (3)

Senin, 18 Januari 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - ALI mengutus Abu Musa al-Asy’ary, seorang ulama yang disegani dan Amru ibn Al-Ash mewakili pihak Mu’awiyah. Amr ibn ‘Ash tahu keshalihan dan kelemahan Abu Musa. Amr meminta agar demi kemuliaan Islam dan demi kemaslahatan umat Islam, sebaiknya Ali dan Mu’awiyah mengundurkan diri, lalu dicari tokoh lain yang lebih netral, yang dapat diterima semua pihak.

Baca juga : Antara Politik Islam Dan Islam Politik (2)

Abu Musa yang begitu lugu, perunding mewakili pihak Ali, menerima usulan itu. Ia diminta berpidato lebih awal di depan massa pasukan kedua belah pihak. Ia menyerukan bahwa sekarang ini tidak ada lagi khalifah dan kini saatnya kita akan mencari khalifah yang dapat diterima semua pihak.

Adsense

Baca juga : Ketum PP PBSI Agung Firman Semangati Atlet Indonesia Di Thailand Open 2021

Tiba giliran Amr ibn ‘Ash, menelikung pernyataan itu dengan mengatakan, oleh karena sekarang tidak ada lagi khalifah, maka dengan ini kami melegalkan Mu’awiyah sebagai khalifah. Tentu saja pihak Ali tidak menerimanya, maka peperangan pecah kembali. Begitulah seterusnya hingga Ali mati terbunuh di dalam perang saudara tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense